5 Dampak Berhenti Mencukur Rambut pada Tubuh, Banyak Manfaat Kesehatan

Kamis, 30 Juli 2020 18:46 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
5 Dampak Berhenti Mencukur Rambut pada Tubuh, Banyak Manfaat Kesehatan Cara mencerahkan ketiak. ©www.healthmeup.com

Merdeka.com - Bagi sebagian wanita, aktivitas mencukur rambut mungkin menjadi salah satu rutinitas yang sering dilakukan, baik itu rambut pada tangan, kaki, ketiak, atau bagian tubuh yang lain.

Alasannya adalah rambut yang tumbuh lebat di bagian tubuh tertentu dianggap akan sangat mengganggu penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Padahal, perlu Anda ketahui bahwa dampak berhenti mencukur rambut pada tubuh ternyata memiliki manfaat positif pada tubuh Anda. Oleh sebab itu sebenarnya kebiasaan mencukur terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk mengetahui secara rinci, berikut merdeka.com telah merangkum 5 dampak berhenti mencukur rambut pada tubuh yang dilansir dari Brightside.com.

1 dari 5 halaman

1. Menghentikan Peradangan

Dampak berhenti mencukur rambut pada tubuh yang pertama adalah dapat menghentikan peradangan yang terjadi pada tubuh kita.

Rambut tubuh kita dapat bertindak sebagai lapisan pelindung dan menghentikan radang kulit, yang penting untuk area seperti ketiak kita. Hal ini dapat berarti bahwa bercukur dapat menyebabkan iritasi kulit akibat gesekan, dan bahkan pembentukan tanda-tanda peradangan pada kulit.

2 dari 5 halaman

2. Melindungi dari Patogen

ilustrasi ketiak putih

©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Alliance

Dampak berhenti mencukur rambut pada tubuh yang kedua adalah melindungi tubuh Anda dari patogen-patogen yang berbahaya.

Rambut benar-benar dapat menghentikan patogen berbahaya memasuki tubuh kita, terutama di daerah kemaluan. Hal ini berarti rambut akan dapat bertindak sebagai penghalang, melindungi area sensitif kita dengan mengumpulkan bakteri berbahaya. 

Rambut juga dapat mencegah memar dan iritasi, terutama jenis yang disebabkan oleh pencabutan rambut.

3 dari 5 halaman

3. Suhu Tubuh Akan Teratur

Dampak berhenti mencukur rambut pada tubuh yang selanjutnya adalah dapat membuat suhu tubuh kita akan lebih teratur.

Ketika mencukur rambut, kita kehilangan pengontrol suhu alami karena rambut kita adalah bagian penting dari menjaga kita tetap hangat. Ini terutama berlaku untuk ketiak dan daerah kemaluan kita, di mana rambut adalah yang paling tebal.

4 dari 5 halaman

4. Menghentikan Pertumbuhan Rambut yang Tidak Normal

ilustrasi ketiak putih

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Alliance

Pertumbuhan rambut ke dalam merupakan efek negatif apabila kita mencukur rambut yang dilakukan terlalu sering.

Rambut yang tumbuh ke dalam tidak hanya merepotkan, tetapi mereka juga dapat menciptakan risiko kesehatan potensial dan menyebabkan ketidaknyamanan. Ini karena mereka mungkin terinfeksi dan ini dapat mengakibatkan kebutuhan untuk perawatan medis.

5 dari 5 halaman

5. Menghemat Waktu

Berapa banyak waktu yang terbuang sia-sia jika Anda memiliki kebiasaan yaitu mencukur rambut terlalu sering? Pastinya bahwa dampak berhenti mencukur rambut pada tubuh adalah pastinya kita akan lebih menghemat waktu.

Mencukur tidak hanya membutuhkan waktu, tetapi juga menguras isi dompet Anda. Alasannya adalah karena sesuatu yang disebut pajak merah muda. Pada dasarnya, produk wanita dikenakan pajak lebih tinggi daripada pria, dan ini terbukti dalam perbedaan harga yang sangat besar antara pisau cukur wanita dan pria.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini