5 Cara Meredakan Nyeri Otot yang Sering Muncul Usai Berolahraga, Mudah dan Ampuh

Selasa, 19 Mei 2020 18:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
5 Cara Meredakan Nyeri Otot yang Sering Muncul Usai Berolahraga, Mudah dan Ampuh Ilustrasi nyeri lutut. ©2012 Shutterstock/Maridav

Merdeka.com - Gerakan yang dilakukan pada keadaan otot tidak siap dapat mengakibatkan ketegangan berlebihan yang tidak dapat dikendalikan pada otot, atau yang sering disebut juga sebagai kram otot. Kontraksi atau kejang otot ringan mula-mula berkembang pada awal olahraga, yang bertambah berat saat seseorang mengalami kelelahan dan berkurang jika kerja otot dikurangi atau otot diregangkan.

Otot yang mengalami kram akan tampak sangat tegang, bergerak-gerak di bagian tengahnya dan menimbulkan nyeri. Kram otot disebabkan oleh hal yang berkaitan dengan ketidakseimbangan mineral dalam tubuh, khususnya natrium.

Keadaan kekurangan cairan serta kelelahan otot juga dipercaya berpengaruh terhadap kemungkinan terjadinya kram otot. Faktor lain seperti usia tua, lari jarak jauh, berat badan berlebih, kurang peregangan dan riwayat kram dalam keluarga juga berperan dalam terjadinya kram otot.

Berikut 5 cara meredakan nyeri otot yang bisa Anda coba jika Anda mengalaminya seusai berolahraga.

1 dari 5 halaman

1. Kompres Area yang Nyeri

ilustrasi nyeri kaki

Shutterstock/Poprotskiy Alexey 

Cara meredakan nyeri otot yang pertama adalah dengan mengompresnya menggunakan handuk basah yang dingin. Ini adalah salah satu cara konvensional yang paling sering digunakan ketika seseorang mengalami nyeri pada otot atau bengkak pada tubuh.

Dengan mengompres area yang nyeri menggunakan handuk dingin, hal ini dapat membantu otot untuk mengeluarkan cairan yang dapat mengurangi rasa nyeri tersebut. Selain dikompres dengan air dingin, bisa dibarengi juga dengan pijat acupressure secara perlahan untuk membantu otot agar terasa lebih rileks.

Cara meredakan nyeri otot yang satu ini bertujuan untuk menenangkan area tubuh yang sedang kaku atau bengkak pada otot.

2 dari 5 halaman

2. Jaga Asupan Makanan

sehat

©www.newsnish.com

Cara meredakan nyeri otot yang kedua adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang sekiranya dapat membantu memperbaiki jaringan otot. Diketahui terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu proses penyembuhan nyeri otot seperti makanan rendah kolesterol dan garam, serta yang memiliki fungsi anti inflamasi.

Beberapa jenis makanan yang dapat digunakan sebagai cara meredakan nyeri otot setelah berolahraga adalah ikan salmon atau tuna, minyak zaitun, buah-buahan, serta kacang-kacangan. Kandungan asam lemak omega-3 dan 9 berfungsi sebagai anti inflamasi bagi otot, sementara kandungan antioksidan diperlukan guna proses pemulihan otot yang nyeri dengan segera.

  • Minyak zaitun –  memiliki kandungan asam lemak omega 9 yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi.
  • Ikan – beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, dan cod dapat membantu meredakan inflamasi berkat kandungan omega-3 dan proteinnya yang tinggi serta kadar kolesterol yang rendah.
  • Buah-buahan – buah mengandung antioksidan yang diperlukan sebagai cara meredakan nyeri otot. Buah-buahan yang memiliki kadar antioksidan tinggi adalah apel, nanas, blueberry, cherry, raspberry dan stroberi.
  • Kacang-kacangan – beberapa jenis kacang seperti walnut, almond, biji bunga matahari, dan hazelnut memiliki kandungan omega-3 yang tinggi dan baik untuk membantu meredakan nyeri otot.
3 dari 5 halaman

3. Minum Air Putih

ilustrasi air putih

©Shutterstock/luchschen

Cara meredakan nyeri otot yang ketiga adalah dengan memperhatikan konsumsi cairan seperti air putih dalam keseharian Anda. Asupan cairan sangat diperlukan bagi kesehatan dan daya tahan tubuh, untuk itu janganlah disepelekan. Hal ini karena kondisi tubuh yang dehidrasi dapat menghambat proses pemulihan jaringan otot.

Perhatikan jumlah minimun kebutuhan air harian dan cukupilah asupannya demi tubuh agar lebih cepat dalam proses pertumbuhannya. Disarankan untuk meminum sebanyak 2,5 liter air perhari saat Anda sedang mengalami nyeri pada otot.

4 dari 5 halaman

4. Konsumsi Obat Anti Inflamasi

012 febrianti diah kusumaningrum

shutterstock

Cara meredakan nyeri otot yang ke empat adalah dengan mengonsumsi obat-obatan topikal yang secara khusus ditujukan untuk mengobati nyeri pada otot atau pereda rasa sakit. Mengonsumsi obat-obatan dipilih karena efeknya yang lebih cepat terasa. Cara ini biasanya dilakukan ketika seseorang tersebut harus segera melakukan berbagai aktivitasnya kembali. 

Jenis obat pereda nyeri atau rasa sakit yang biasa dikonsumsi adalah obat-obatan yang mampu meredakan inflamasi pada otot. Obat-obatan tersebut beberapa di antaranya adalah ibuprofen dan aspirin.

5 dari 5 halaman

5. Mengoles Obat Topikal

ilustrasi salep

©iStock

Cara meredakan nyeri otot yang kelima adalah dengan memanfaatkan obat-obatan topikal seperti balsam dan sejenisnya. Balsam adalah obat luar yang paling dicari saat seseorang ingin mengobati nyeri otot yang dialaminya dengan segera. Mengoleskan balsam dan melakukan pijatan-pijatan yang lembut di area yang nyeri dapat memulihkan pembengkakan dalam waktu beberapa hari. Rasa panas di dalam dan dingin di luar adalah sensasi yang nyaman dan banyak dicari.

Penggunaan obat topikal seperti balsam ini dapat memberikan efek relaksasi pada nyeri sekaligus sensasi panas dingin yang nyaman. Selain itu, juga dapat meningkatkan kadar kalsium yang membantu memperlancar aliran darah dan mempercepat penyembuhan rasa nyeri pada otot.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini