5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget, Mudah dan Efektif

Jumat, 20 Mei 2022 17:27 Reporter : Edelweis Lararenjana
5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget, Mudah dan Efektif Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/Kostenko Maxim

Merdeka.com - Cara mengatasi kecanduan gadget telah banyak dicari oleh banyak orang belakangan ini. Tak heran, mengingat penggunaan masif smartphone yang tak hanya menghinggapi anak-anak muda tetapi juga orang dewasa hingga lansia. Fenomena ini lantas membuat hampir sebagian besar masyarakat mengalami ketergantungan.

Terlebih lagi, kini sangat banyak aktivitas sehari-hari yang baru bisa dilakukan hanya jika kita memiliki smartphone. Mulai dari memesan transportasi umum, membeli makanan, hingga bekerja, semuanya membutuhkan peran gadget dan jaringan internet.

Jika tidak dikelola dengan benar, dampak kecanduan gadget bisa memengaruhi kualitas hidup seseorang dan bahkan tak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi kecanduan gadget yang sangat penting untuk diketahui, dilansir dari laman The Economic Times dan hindustantimes.com.

2 dari 3 halaman

1. Matikan Mobile Data

Cara mengatasi kecanduan gadget yang pertama adalah dengan mematikan mobile data. Ini adalah cara termudah yang bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja. Terutama, jika Anda sedang berada dalam waktu libur dan di luar jam kerja atau jam sekolah, tak mengapa untuk mematikan mobile data gadget Anda agar Anda bisa beristirahat dengan lebih tenang.

Sebagian besar smartphone bahkan memiliki opsi untuk beralih antara mode pribadi dan kantor, dan fitur tersebut dapat membantu mengurangi ketergantungan. Habiskan waktu libur Anda untuk mengerjakan hobi seperti membaca, berolahraga, atau sekadar bercengkrama dengan keluarga dan pasangan.

2. Perbanyak "Me Time"

Cara mengatasi kecanduan gadget yang kedua adalah dengan meningkatkan waktu "me time" Anda. Penting untuk disiplin dalam mengalokasikan slot waktu untuk mengerjakan hal-hal lain di luar menggulirkan jari pada layar gadget Anda. Me time bagi setiap orang tentu berbeda-beda. Lakukan hal-hal yang Anda sukai pada saat ini, untuk menjauhkan pikiran dari gadget.

Anda bisa berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan, mencoba memasak resep-resep baru, ikut kursus melukis atau kursus apapun yang dapat meningkatkan skill Anda, dan atau sekadar nongkrong sendirian di kafe sambil membaca buku dapat Anda lakukan guna mengisi me time tersebut.

3. Batasi Penggunaan Gadget pada Waktu Tidur

Cara mengatasi kecanduan gadget yang ketiga adalah dengan membatasi penggunaannya terutama saat waktu tidur. Penelitian telah mengungkapkan bahwa tampilan di sebagian besar perangkat elektronik atau gadget menekan melatonin, yang mengganggu jam tubuh alami Anda.

Ingatlah selalu bahwa setiap aktivitas memiliki nilainya masing-masing dan tidak boleh diabaikan dengan mengorbankan yang lain. Tidur dan istirahat sangat penting dan tidak boleh diabaikan demi kesehatan tubuh Anda. Untuk itu, jangan sampai Anda mengorbankan waktu tidur dan istirahat hanya untuk berselancar di sosial media atau bermain game di smartphone.

3 dari 3 halaman

4. Lebih Aktif Secara Fisik

Cara mengatasi kecanduan gadget yang ke empat adalah dengan membuat tubuh Anda menjadi lebih aktif dalam hal fisik. Maksudnya adalah, Anda disarankan untuk memiliki aktivitas di luar ruangan yang meminimalisir paparan Anda terhadap gadget. 

Jangan abaikan kewajiban untuk bersosialisasi. Pergilah keluar dengan teman dan keluarga. Temui kerabat Anda untuk sekadar bersilaturahmi. Melakukan hal-hal yang mengaktifkan kinerja fisik ini diharapkan dapat membantu Anda melupakan gadget sejenak.

5. Belajar Seimbangkan Waktu

Cara mengatasi kecanduan gadget yang kelima adalah dengan belajar untuk menyeimbangkan dan mengatur waktu. Penting untuk mencapai keseimbangan antara berbagai aktivitas Anda seperti waktu yang dihabiskan bersama teman dan keluarga, dalam kegiatan rekreasi di luar ruangan, akademisi, dan juga gadget.

Tunjukkan rasa tanggung jawab Anda dalam cara Anda melakukan sesuatu. Memperoleh atau menggunakan sesuatu secara berlebihan seringkali malah akan menjadi sumber gangguan. Penting untuk mencegah hal ini terjadi. Anda dapat menggunakan gadget tetapi dalam batas waktu tertentu dan jangan terlalu bergantung padanya agar waktu Anda tak banyak terserap untuk menggunakannya setiap waktu.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini