4 Penyebab Penyakit Hepatitis Beserta Tipe dan Gejalanya, Cegah Sejak Dini

Selasa, 16 Februari 2021 13:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
4 Penyebab Penyakit Hepatitis Beserta Tipe dan Gejalanya, Cegah Sejak Dini Ilustrasi hepatitis. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/lejandro dans neergaard

Merdeka.com - Penyakit hepatitis adalah peradangan pada hati. Peradangan adalah pembengkakan yang terjadi ketika jaringan tubuh terluka atau terinfeksi. Penyakit ini dapat merusak organ hati Anda. Pembengkakan dan kerusakan ini dapat memengaruhi seberapa baik fungsi hati secara keseluruhan.

Penyebab penyakit hepatitis yang paling umum adalah virus, namun bisa juga disebabkan oleh faktor lain. Hal ini termasuk hepatitis autoimun dan hepatitis yang terjadi sebagai akibat sekunder dari obat-obatan, racun, dan alkohol. Hepatitis autoimun adalah penyakit yang terjadi ketika tubuh membuat antibodi terhadap jaringan hati.

Hepatitis bisa menjadi infeksi akut (jangka pendek) atau infeksi kronis (jangka panjang). Beberapa jenis hepatitis hanya menyebabkan infeksi akut, sementara jenisnya yang lain dapat menyebabkan infeksi akut sekaligus kronis.

Pengobatan terhadap penyakit hepatitis bervariasi tergantung pada jenis hepatitis yang Anda miliki. Namun, Anda dapat mencegah beberapa bentuk hepatitis melalui imunisasi dan tindakan pencegahan lain berupa perubahan gaya hidup. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai penyakit hepatitis dan penyebabnya yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Tipe Penyakit Hepatitis...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini