3 Fakta Menarik APD Berstandar WHO yang Diproduksi di Probolinggo

Rabu, 1 April 2020 12:12 Reporter : Rizka Nur Laily M
3 Fakta Menarik APD Berstandar WHO yang Diproduksi di Probolinggo Ilustrasi alat pelindung diri. ©2020 Merdeka.com/safetysign.co.id

Merdeka.com - Sebuah pabrik garmen di Jawa Timur memproduksi alat pelindung diri (APD) yang sesusi dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). APD tersebut merupakan pesanan dari pemerintah pusat.

Pabrik tersebut adalah Putrateja Sempurna yang berada di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Dikutip dari Antara, sejak virus corona merebak di Indonesia, pabrik garmen ini memproduksi APD. Saat ini, produksi APD pun menjadi produk prioritas dalam operasional perusahaan tersebut.

1 dari 3 halaman

APD Berstandar WHO

ilustrasi alat pelindung diri

2020 Merdeka.com/safetysign.co.id

Pemilik pabrik garmen PT Putrateja Sempurna, Supriyono mengatakan bahwa pihaknya memperoleh pesanan pembuatan APD sejak kasus COVID-19 merebak di Indonesia. Bahan untuk membuat APD ini berasal dari pemerintah pusat. Sehingga, pihak pabrik garmen tinggal memproduksi saja.

Dikutip dari Antara (31/3), Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal memberikan apresiasi kepada PT Putrateja Sempurna yang telah memprioritaskan pembuatan APD daripada produk fashion biasa. Hadi menyatakan bahwasanya dalam penanganan kasus virus corona, APD menjadi kebutuhan yang mendesak.

2 dari 3 halaman

4.000 APD dalam Sehari

nikita mirzani sumbang apd

2020 Merdeka.com/Instagram Nikita Mirzani

PT. Putrateja Sempurna sendiri mendapat jatah memproduksi 2 juta alat pelindung diri (APD). Kendatipun tidak diberi batas waktu penyelesaian, pengerjaan APD menggunakan prinsip selesai lebih cepat lebih baik. Hal ini dinyatakan oleh Supriyono di Probolinggo.

Dikutip dari Antara, dalam satu hari pihaknya bisa memproduksi 4.000 APD berbahan Dupont Tyvek. Ukuran APD yang diproduksi PT Putrateja Sempurna adalah ukuran L dan XL.

3 dari 3 halaman

Jenis-jenis APD untuk Penanganan COVID-19

ilustrasi corona

2020 Merdeka.com/liputan6.com

Terpisah, juru bicara Tim Satgas Penanggulangan Bencana Non-Alam dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Probolinggo, dr Abraar HS Kuddah menjelaskan jenis-jenis APD.

Ada tiga jenis APD yang digunakan dalam penanganan virus corona jenis baru atau COVID-19. Pertama, berbahan baku Dupont Tyvek. APD berbahan inilah yang menjadi rekomendasi WHO.

Menurut penjelasan Abraar, Dupont Tyvek tidak terlalu tebal. Bahkan partikel kecil berukuran 0,3 ml tidak dapat masuk. Bahan Dupont Tyvek juga tidak menyerap air.

Kedua, APD berbahan sponge dengan ketebalan 75 gram. Selanjutnya ialah APD yang dibuat dengan bahan polyester.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini