18 Makanan Sehat yang Bisa Jadi Rekomendasi untuk Buah Hati

Rabu, 26 Februari 2020 07:07 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
18 Makanan Sehat yang Bisa Jadi Rekomendasi untuk Buah Hati makanan sehat. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Makanan sehat merupakan salah satu sumber energi dan sumber asupan bagi pertumbuhan anak anda. Masa pertumbuhan merupakan masa dimana tubuh memerlukan berbagai asupan nutrisi dan vitamin yang berguna bagi pertumbuhan anak. Makanan merupakan faktor utama yang dapat berpengaruh pada proses tumbuh kembangnya.

Asupan gizi dan nutrisi merupakan kebutuhan tubuh yang mendukung tumbuh kembang serta kepintarannya. Namun, padatnya jadwal orang tua dan anak pada zaman modern seperti saat ini kerap kali mengakibatkan makanan sehari-hari hanya sekedar untuk membuat perut kenyang. Alih-alih berusaha menyajikan makanan sehat untuk anak, orang tua saat ini terkadang lebih memilih untuk memberikan makanan siap saji yang dinilai lebih praktis.


Seorang Ahli dalam bidang kebijakan ekonomi dan Pendidikan dari New York University’s Steinhardt School of Culture , Education and Human Development, Sean Patrick Corcoran, mengatakan bahwa anak yang memiliki kebiasaan makan makanan sehat setiap hari memiliki ciri-ciri khusus seperti tidak mudah kelelahan, lebih fokus saat belajar di kelas, dan mampu menyerap informasi lebih banyak.


Dengan adanya penjelasan berikut, diharapkan para orang tua untuk konsisten dalam menyajikan makanan sehat untuk anak. Manfaat yang akan dirasakan untuk anak apabila rutin mengonsumsi makanan sehat diantaranya adalah menstabilkan energi, meningkatkan daya pikir, menjaga mood tetap positif, menjaga berat badan ideal, serta membantu mencegah masalah kesehatan mental seperti depresi atau rasa cemas.


Untuk mengetahui tentang 18 makanan sehat yang bisa menjadi rekomendasi untuk buah hati anda, simak tips berikut ini:

1 dari 3 halaman

1. Sarapan

makanan sehat

Liputan6.com

Makanan sehat yang bisa menjadi rekomendasi untuk buah hati anda sering banyak dijumpai dapat dijadikan sumber rekomendasi bagi anak. Dilansir dari wyethnutrition.co.id https://www.wyethnutrition.co.id/wajib-coba-menu-plan-makanan-sehat-untuk-anak#, Berkat sarapan, anak akan mendapatkan asupan gizi penting yang akan mendukung berbagai aktivitasnya hingga siang hari. Anak yang terbiasa sarapan memiliki tingkat konsentrasi lebih baik di sekolah daripada anak yang tidak pernah sarapan. Meski demikian, orang tua juga perlu cermat dalam memilih menu-menu untuk sarapan.


Pastikan menu untuk sarapan adalah menu-menu yang padat akan protein dibandingkan nutrisi lainnya. Berikut adalah makanan sehat yang bisa menjadi rekomendasi sarapan untuk buah hati anda
-Roti lapis gandum isi telur dan sayuran
-Roti selain dan buah panggang
-Telur rebus matang, roti panggang, dan apel
-Nasi dengan orak-arik telur campur sayuran/omelet sayuran
-Oatmeal
-Sereal dengan campuran buah segar
-Mini pizza dengan toping sayuran dan daging rendah lemak

2 dari 3 halaman

2. Makan Siang

makanan sehat

Liputan6.com

Anak usia sekolah tentunya lebih sering membutuhkan asupan energi pada saat siang hari. Biasanya anak-anak akan lebih sering makan siang di sekolah. Alasannya adalah anak masih akan melanjutkan aktivitas belajar dan main, jadi asupan energi dari makanan yang dikonsumsinya juga butuh pengawasan agar orang tua dapat memantau asupan gizi yang dikonsumsi anak saat berada di sekolah.


Untuk bekal makan siang, pastikan bekal makan siang si Kecil dilengkapi asupan kalori, vitamin, mineral, dan serat cukup. Menyantap makan siang penuh gizi dapat mendukung si Kecil agar tetap semangat belajar serta fokus dan tanggap menerima materi pelajaran.


Berikut makanan sehat yang bisa menjadi rekomendasi untuk buah hati anda sebagai menu makan siang:
-Roti lapis isi keju dan daging tanpa lemak
-Biscuit dengan selai dan irisan keju, ditambah buah buahan segar atau kering
-Nasi goreng bayam
-Roti sandwich isi salmon dan telur
-Nasi dengan sayur bayam bening
-Kentang isi brokoli keju

3 dari 3 halaman

3. Makan Malam

makanan sehat

Liputan6.com

Makan malam merupakan salah satu momen keluarga yang sering dilakukan oleh banyak orang. Jenis makanan pada malam hari cenderung lebih bebas dibandingkan dengan pagi dan siang hari. Namun, menu yang bebas bukan berarti makanan yang disajikan asal-asalan. Menu yang disajikan bagi anak merupakan menu yang tetap memerhatikan kandungan nutrisi dalam hidangan yang disajikan.

Makan malam yang sehat merupakan makan malam yang memperhatikan zat gizi penting seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Contoh makanan sehat yang bisa menjadi rekomendasi untuk buah hati anda saat menyantap makan malam adalah:


-Bubur jagung hati ayam
-Orak-arik makaroni daging
-Mie kocok telur
-Spaghetti dengan campuran tofu dan brokoli
-Ayam saus jeruk


Untuk memilih menu makan malam yang sehat, sebaiknya batasi pemberian makanan olahan yang terlalu manis, berlemak, dan asin. Jenis-jenis makanan tersebut merupakan jenis makanan yang sedikit mengandung nutrisi dan gizinya sehingga tidak bermanfaat bagi pertumbuhan buah hati anda. Selain itu, dipilihnya makanan rendah lemak merupakan salah satu cara untuk mencegah agar anak terhindar dari risiko obesitas.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini