13 Gejala Kekurangan Zat Besi yang Mudah Dikenali, Segera Penuhi Asupannya

Kamis, 14 Januari 2021 09:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
13 Gejala Kekurangan Zat Besi yang Mudah Dikenali, Segera Penuhi Asupannya zat besi. Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kekurangan zat besi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup zat besi mineral. Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Jika tubuh tidak memiliki cukup hemoglobin, jaringan dan otot tidak akan mendapatkan cukup oksigen untuk dapat bekerja secara efektif. Hal ini lantas dapat menyebabkan kondisi yang disebut anemia. Meskipun ada berbagai jenis anemia, anemia defisiensi besi adalah yang paling umum terjadi di seluruh dunia.

Penyebab paling umum dari kondisi kekurangan zat besi meliputi asupan zat besi yang tidak memadai karena pola makan yang tidak memenuhi kebutuhan nutrisi harian atau yang sangat dibatasi, penyakit radang usus, peningkatan kebutuhan zat besi selama kehamilan dan kehilangan darah melalui menstruasi yang berat atau perdarahan internal.

Kekurangan zat besi dapat menimbulkan gejala yang dapat memengaruhi kualitas hidup penderitanya. Gejala kekurangan zat besi tersebut di antaranya adalah sesak napas, kelelahan, dan berkurangnya konsentrasi.

Tanda dan gejala defisiensi zat besi bervariasi tergantung pada tingkat keparahan anemia, seberapa cepat perkembangannya, faktor usia, dan kondisi kesehatan Anda saat ini. Dalam beberapa kasus, ada orang-orang yang tidak mengalami gejala kekurangan zat besi meski tubuhnya mengalami defisiensi.

Berikut 12 gejala kekurangan zat besi yang perlu Anda ketahui seperti melansir dari Healthline dan Mayo Clinic.

Baca Selanjutnya: 1 Rasa Lelah yang Berlebih...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini