10 Penyakit Gangguan Kepribadian yang Patut Diketahui, Kenali Jenis dan Cirinya

Jumat, 23 Oktober 2020 13:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
10 Penyakit Gangguan Kepribadian yang Patut Diketahui, Kenali Jenis dan Cirinya Ilustrasi stres. ©Ilustrasi stres

Merdeka.com - Kepribadian adalah cara berpikir, merasa dan berperilaku yang membedakan seseorang dengan orang lain. Kepribadian seseorang dipengaruhi oleh pengalaman, lingkungan (situasi kehidupan) dan karakteristik yang diwariskan.

Kepribadian seseorang biasanya tetap sama dari waktu ke waktu. Gangguan kepribadian adalah cara berpikir, merasakan, dan berperilaku yang menyimpang dari ekspektasi budaya, menyebabkan kesusahan atau masalah fungsi, dan berlangsung seiring waktu.

Penyakit gangguan kepribadian adalah jenis gangguan mental di mana Anda memiliki pola berpikir, berfungsi, dan berperilaku yang kaku dan tidak sehat. Seseorang dengan gangguan kepribadian mengalami kesulitan dalam memahami dan berhubungan dengan situasi dan orang. Hal ini menyebabkan masalah dan keterbatasan yang signifikan dalam hubungan, aktivitas sosial, pekerjaan dan sekolah.

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin tidak menyadari bahwa ia memiliki gangguan kepribadian karena cara berpikir dan berperilakunya tampak alami bagi dirinya sendiri. Kemungkinan, orang dengan dengan gangguan kepribadian akan menyalahkan orang lain atas tantangan yang ia hadapi. Penyakit gangguan kepribadian biasanya dimulai pada masa remaja atau awal masa dewasa.

Terdapat banyak jenis gangguan kepribadian. Berikut penjelasan mengenai penyakit gangguan kepribadian beserta jenis-jenisnya yang patut Anda ketahui, mengutip dari Mayo Clinic.

Baca Selanjutnya: Gejala dan Kluster Gangguan Kepribadian...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini