10 Cara Mengatasi Keputihan saat Hamil yang Aman dan Ampuh, Calon Ibu Wajib Tahu

Kamis, 14 Oktober 2021 16:25 Reporter : Edelweis Lararenjana
10 Cara Mengatasi Keputihan saat Hamil yang Aman dan Ampuh, Calon Ibu Wajib Tahu Ilustrasi hamil. ©shutterstock.com/Dmitry Kalinovsky

Merdeka.com - Cara mengatasi keputihan saat hamil menjadi kekhawatiran sendiri bagi para calon ibu. Tak bisa dipungkiri, salah satu perubahan pertama yang mungkin Anda alami saat hamil adalah munculnya keputihan. Peningkatan keputihan seringkali merupakan salah satu tanda awal dari kehamilan. Keputihan yang normal selama kehamilan disebut leukorea dan berbentuk encer, putih, seperti susu, dan berbau ringan.

Beberapa perubahan warna dalam keputihan juga normal, meski ada pula beberapa yang mungkin mengindikasikan infeksi atau masalah lainnya pada kesehatan.Volume keputihan meningkat selama kehamilan untuk mengurangi risiko infeksi vagina dan rahim. Keputihan paling banyak terjadi pada minggu-minggu terakhir kehamilan.

Meski tak nyaman, hal ini adalah fenomena yang normal bagi ibu hamil. Jadi Anda tak perlu malu atau takut saat mengalaminya. Yang Anda butuhkan adalah bagaimana cara mengatasi keputihan saat hamil tersebut secara aman dan efektif, tanpa membahayakan diri dan janin.

Dilansir dari americanpregnancy.org dan medicalnewstoday, berikut ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi keputihan saat hamil yang wajib Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Penyebab Keputihan Saat Hamil...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini