7 Potret Keseruan Konser Panggung Kahanan, Ada Penari Kuda Lumping Pakai Masker

Selasa, 19 Mei 2020 20:30 Reporter : Shani Rasyid
7 Potret Keseruan Konser Panggung Kahanan, Ada Penari Kuda Lumping Pakai Masker Panggung Kahanan. ©jatengprov.go.id

Merdeka.com - Panggung Kahanan merupakan pertunjukan virtual yang diselenggarakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di rumahnya setiap tiga kali sepekan. Maksud dari kegiatan ini adalah mendorong seniman agar tak henti berkarya dan menggalang dana agar para seniman tetap bisa bertahan hidup.

Ganjar mengatakan bahwa selama pandemi COVID-19 para seniman telah kehilangan kesempatan menggelar pertunjukan yang menjadi sumber pendapatan mereka.

“Mudah-mudahan panggung kahanan ini tetap mendorong seniman untuk berkarya, makanya kita dorong untuk ada donasi agar teman-teman seniman tetap hidup,” ujar Ganjar dilansir dari ANTARA.

1 dari 7 halaman

Disiarkan Lewat YouTube

panggung kahanan

©YouTube/Ganjar Pranowo

Panggung Kahanan merupakan seni pertunjukan yang diadakan atas inisiatif Ganjar Pranowo sebagai wadah para seniman untuk bisa berkreasi selama merebaknya pandemi. Acara ini diadakan tiga kali setiap pekan. 

Pada setiap pagelarannya, acara ini disiarkan langsung melalui kanal YouTube dan Facebook Ganjar Pranowo. 

2 dari 7 halaman

Warga Bisa Membantu

panggung kahanan

©YouTube/Ganjar Pranowo


Warga yang ingin membantu seniman yang terdampak pandemi COVID-19 bisa menyalurkan sumbangan ke rekening Bank Jateng nomor 2032191919 atas nama Panggung Kahanan.

"Semoga para seniman yang terdampak COVID-19 ini tetap berkreasi, tetap berkarya," kata Ganjar dikutip dari ANTARA pada Selasa (12/5).

3 dari 7 halaman

Berkah Ramadan

panggung kahanan

©YouTube/Ganjar Pranowo


Zahrotul Walidah, vokalis grup musik Kasidah EzzurA yang selama wabah tidak bisa manggung, menyebut Panggung Kahanan sebagai berkah Ramadan bagi para seniman di tengah pandemi COVID-19.

"Memang kita mesti tetap kreatif dan tidak boleh berhenti berkarya. Harapan kami semoga kreativitas dari Pak Ganjar dengan menyediakan ruang ini bisa ditiru teman-teman seniman," kata Zahrotul dikutip dari ANTARA pada Selasa (12/5).

4 dari 7 halaman

Dimeriahkan Berbagai Genre Kesenian

panggung kahanan

©YouTube/Ganjar Pranowo

Sementara itu Ganjar menjelaskan pementasan Panggung Kahanan dimeriahkan oleh berbagai genre kesenian terutama yang ada di Jawa Tengah.

"Panggung Kahanan itu dipentaskan untuk semua genre kesenian. Ada kesenian tradisi, teater, musik, tari, dan sastra," ujar Ganjar dikutip dari Jatengprov.go.id pada Senin (18/5).

5 dari 7 halaman

Grup Kesenian yang Tampil

panggung kahanan

©YouTube/Ganjar Pranowo


Dalam panggung kahanan itu, beberapa grup kesenian yang ikut meramaikan di antaranya Tari Sekar Mayang, Grup Band SMG48, Vandemi Band, dan Sangkala Band. 

Selain itu ada juga pembacaan puisi dari sejumlah penyair yaitu Timur Sinar Suprabana, Fransisca Ambar, dan Imam Subagya. 

6 dari 7 halaman

Pertunjukan Kuda Lumping

panggung kahanan

©jatengprov.go.id


Dalam pagelaran itu ada pula pertunjukan kuda lumping. Ada yang unik pada pertunjukan kuda lumping ini. Bila biasanya kuda lumping dibawakan laki-laki, untuk pertunjukan ini dibawakan perempuan. Selain itu karena dibawakan pada masa pandemi, mereka juga menggunakan masker. 

Lima penari yang membawakan tarian itu tergabung dalam sanggar tari Rawa Pening dari Ambarawa. Dalam pementasan kali ini, mereka membawakan lakon Laskar Nyi Gandung Melati. 

7 dari 7 halaman

Legenda yang Dihormati

panggung kahanan

©jatengprov.go.id

Ketua Paguyuban Kendali Sodo yang menaungi sanggar Rawa Pening, Sudarso Sukrostanto mengatakan Nyai Gandung Melati merupakan legenda yang dihormati di daerahnya.

"Nyai Gandung Melati itu legenda tapi sejarahnya benar-benar ada, karena makamnya juga ada. Dia merupakan cikal bakal di daerah kami," ujar Sudarso dikutip dari Jatengprov.go.id pada Senin (18/5)

[shr]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Berita
  3. Jateng
  4. Ganjar Pranowo
  5. Semarang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini