Tujuan Muhammadiyah dan Sejarah Berdirinya, Perlu Diketahui

Selasa, 18 Agustus 2020 15:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Tujuan Muhammadiyah dan Sejarah Berdirinya, Perlu Diketahui KH. Ahmad Dahlan-KH. Hasyim Asyari. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Seperti diketahui, Islam merupakan salah satu agama yang banyak dianut oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, Indonesia menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Banyaknya masyarakat muslim di Indonesia, tentu menjadi salah satu alasan berdirinya organisasi Islam di negara ini.

Dalam hal ini, Indonesia mempunyai dua organisasi Islam terbesar yaitu Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Kedua organisasi ini tentu saja ada untuk membantu pengaturan berbagai hal yang berkaitan dengan peribadahan di masyarakat. Misalnya seperti pelaksanaan ibadah puasa dan salat tarawih di bulan Ramadan, berbagai perayaan ibadah seperti Idulfitri, Iduladha, Isra miraj, dan lain sebagainya. Kedua organisasi islam ini juga membantu pengaturan berbagai hal penting lainnya bagi masyarakat muslim yang ada di Indonesia.

Meskipun begitu, kedua organisasi ini mempunyai sejarah dan latar belakang yang berbeda. Khususnya pada organisasi Muhammadiyah, awalnya didirikan oleh Kiai Haji Ahmad Dahlan yang ingin memurnikan ajaran Islam dari berbagai pengaruh hal-hal mistik ada di masyarakat Indonesia pada zaman dahulu. Dalam hal ini, organisasi Muhammadiyah ada untuk mendukung gerakan KH Ahmad Dahlan tersebut melalui kegiatan dakwah di masyarakat.

Selain untuk memurnikan ajaran Islam, tujuan Muhammadiyah juga mencakup berbagai hal untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Dengan begitu, seluruh masyarakat muslim di Indonesia dapat menjalankan ajaran Islam yang sesungguhnya sesuai dengan syariat. Terutama syariat islam sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW yang menjadi tauladan.

Lalu seperti apa penjelasan lengkap mengenai latar belakang dan tujuan Muhammadiyah. Dilansir dari situs Muhammadiyah.or.id, berikut kami telah merangkum tujuan Muhammadiyah beserta sejarah berdirinya yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Sejarah Berdirinya...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. Ragam
  4. Muhammadiyah
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini