Tak Hanya Hadiri Pernikahan Adik, Ini Kegiatan Presiden Jokowi saat Pulang ke Solo

Jumat, 27 Mei 2022 13:55 Reporter : Shani Rasyid
Tak Hanya Hadiri Pernikahan Adik, Ini Kegiatan Presiden Jokowi saat Pulang ke Solo Sah, Adik Presiden Jokowi Resmi Dipersunting Ketua MK Anwar Usman. ©2022 Merdeka.com/Istimewa/tangkapan layar.

Merdeka.com - Pada Kamis (26/5) kemarin, Presiden Jokowi kembali ke kampung halamannya di Solo dalam rangka urusan keluarga. Dia menghadiri pernikahan adiknya, Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman di Gedung Graha Saba Solo.

Prosesi pernikahan itu berlangsung khidmat. Pada momen itu, Presiden Jokowi hadir sebagai wali nasab dari pihak mempelai perempuan. Dalam ceramahnya untuk pernikahan tersebut, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar berharap agar pasangan tersebut dilimpahkan kebahagiaan.

“Perkawinan mempertemukan hal yang berbeda, cita-cita perkawinan untuk menciptakan kebahagiaan. Perkawinan akan saling memaafkan, cinta yang sejati akan saling memaafkan segalanya. Perkawinan yang ideal mengerti satu sama lain,” kata Nasaruddin dikutip dari ANTARA.

Tak hanya hadir di pernikahan adiknya, di Solo Presiden Jokowi juga menghadiri agenda penting. Apa saja? Berikut selengkapnya:

2 dari 4 halaman

Bagi-bagi Bantuan di Pasar

presiden jokowi kunjungi pasar muntilan
©2022 Merdeka.com

Seusai dari pesta pernikahan adiknya, Presiden Jokowi tiba di Pasar Gede sekitar pukul 12.15 WIB. Di sana ia menyalurkan bantuan tambahan modal kepada para pedagang dan pelaku usaha kecil. Total bantuan yang diberikan untuk para pedagang Pasar Gede mencapai Rp129.569.450.

Tak hanya itu, ia juga menyalurkan bantuan untuk para pedagang Pasar Mojosongo dengan total bantuan sebesar Rp130.395.747.

Karsini, salah seorang penerima bantuan, mengatakan besaran modal yang diterimanya mencapai Rp1,2 juta. Selain itu ada bantuan sebesar Rp300.000 yang merupakan bantuan sosial minyak goreng.

“Tadi pak Presiden menyampaikan, kami dikasih bantuan buat modal tambahan usaha. Kalau untuk bisa buat beli baju, beli keperluan anak,” kata Karsini dikutip dari ANTARA.

3 dari 4 halaman

Main ke Taman Balekambang

presiden jokowi bertemu seniman di solo
©BPMI Setpres

Pulang kampung ke Solo juga dimanfaatkan Jokowi untuk healing. Di sela-sela kesibukan agendanya, ia menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Taman Balekambang. Di sana ia melihat geliat aktivitas para seniman seperti wayang orang, ketoprak, reog, dan seni tradisi.
Ia mengatakan, sudah dua tahun lamanya seni tradisional berhenti beraktivitas karena pandemi COVID-19. Oleh karena itu ia berharap kesenian itu bangkit kembali pada masa-masa pemulihan ini.
“Ini dalam rangka merawat dan memelihara seni budaya kita. Saya rasa itu, makanya pagi ini saya ketemu dengan pelaku seni tradisi, dan yang paling penting dihidupkan kembali,” kata Jokowi.

4 dari 4 halaman

Enggan Tanggapi Kinerja Gibran

wali kota solo gibran rakabuming raka di kantor kelurahan penumping
©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Pada momen kepulangannya ke Solo, Presiden Jokowi sempat bertemu Wali Kota Solo yang juga anaknya sendiri, Gibran Rakabuming Raka. Ketika disinggung soal kinerja anaknya selama memimpin Solo, Jokowi enggan menanggapinya.

“Waduh saya nggak mengikuti. Tugas dan pekerjaan saya sendiri banyak sekali. Tanya saja ke Pak Wali Kota,” jawab Jokowi dikutip dari ANTARA. [shr]

Baca juga:
Cantiknya Idayati Adik Jokowi di Hari Pernikahan, Bikin Pangling Kebayanya Elegan
Usai Menikah, Adik Jokowi dan Ketua MK Langsung Dapat Kartu Keluarga dan e-KTP Baru
Kecupan Manis Ketua MK Anwar Usman ke Istri Tercinta Idayati Adik Jokowi
Momen Presiden Jokowi Nikahkan Adiknya dengan Ketua MK Anwar Usman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini