Sultan HB X Serahkan DIPA Capai Rp 11 Triliun, Begini Alokasinya

Selasa, 6 Desember 2022 12:23 Reporter : Shani Rasyid
Sultan HB X Serahkan DIPA Capai Rp 11 Triliun, Begini Alokasinya Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Purnomo Edi

Merdeka.com - Pada Senin (5/4), Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2023 kepada bupati/wali kota serta satuan kerja kementerian/lembaga DIY. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai Rp11,88 triliun. Ia mengatakan, uang sejumlah itu akan diprioritaskan untuk program pemulihan ekonomi dan reformasi struktural.

“Saya mengajak seluruh jajaran dan sumber daya yang kita miliki, untuk konsisten mengawal pemulihan ekonomi, tanggap terhadap risiko ketidakpastian, dengan mengedepankan optimalisasi pelaksanaan anggaran,” kata Sultan, dikutip dari ANTARA.

Lantas seperti apa alokasi anggaran dana sebanyak itu? Berikut selengkapnya:

2 dari 3 halaman

Enam Fokus Utama Pemulihan Ekonomi

ilustrasi ekonomi

©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Sergey Nivens

Sultan HB X mengatakan, ada enam fokus pemulihan ekonomi yang ingin dicapai dengan anggaran tersebut, di antaranya penguatan kualitas SDM yang terampil, produktif, dan berdaya saing melalui peningkatan kualitas pendidikan dan sistem kesehatan.

Lalu yang kedua akselerasi reformasi sistem perlindungan sosial serta melanjutkan pembangunan infrastruktur prioritas, khususnya infrastruktur pendukung transformasi ekonomi yaitu bidang energi, pangan, konektivitas, dan transportasi.

“Alokasi anggaran, baik melalui belanja kementerian/lembaga maupun transfer ke daerah diharapkan secara langsung dirasakan secara langsung manfaatnya oleh masyarakat melalui program-program prioritas pemerintah, seperti pembangunan infrastruktur, program bidang kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial, ketahanan pangan, dan pertahanan keamanan,” kata Sultan HB X.

3 dari 3 halaman

Alokasi Anggaran

ilustrasi uang
©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Club4traveler

Sementara itu Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) DIY, Arif Wibawa mengatakan bahwa dari Rp11,88 triliun yang tertuang dalam 327 DIPA, sebanyak 270 di antaranya diserahkan kepada satuan kerja vertikal atau kantor daerah (KD) dengan nilai sebesar Rp8,37 triliun, 20 DIPA untuk satuan kerja pusat/kantor kusat (KP) dengan nilai sebesar Rp3,4 triliun.

Selain itu, ada pula 37 DIPA Dana Dekonsentrasi (DK) dan Tugas Pembantuan (TP) dengan nilai sebesar Rp112,04 miliar untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pelaksana tugas DK/TP.

Lalu, Arif juga menyebutkan telah diserahkan Dana Transfer ke Daerah (TKD) kepada Pemda DIY sebesar Rp10 triliun yang meliputi Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp263,78 miliar, Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp5,38 triliun, Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik sebesar Rp416,36 miliar, DAK Nonfisik sebesar Rp1,87 triliun, Hibah ke Daerah sebesar Rp31,3 miliar, Dana Keistimewaan DIY sebesar Rp1,42 triliun, Dana Desa sebesar Rp523,83 miliar, dan intensif fiskal sebesar Rp240,18 miliar.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini