Siap Dibuka Kembali Saat 'New Normal', Ini 7 Rekomendasi Wisata di Baturraden

Sabtu, 6 Juni 2020 12:32 Reporter : Shani Rasyid
Siap Dibuka Kembali Saat 'New Normal', Ini 7 Rekomendasi Wisata di Baturraden ilustrasi. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menjelang penerapan “new normal”, sejumlah objek wisata siap dibuka kembali. Baturraden sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah, siap membuka pintu bagi wisatawan yang ingin datang berkunjung.

Namun, ada protokol-protokol ketat yang harus diterapkan, baik bagi pengelola tempat wisata maupun wisatawan, seperti wajib menggunakan masker, wajib cuci tangan, dan jaga jarak. Walau begitu, pembukaan Obyek Wisata Baturraden tetap menjadi angin segar bagi masyarakat yang sudah rindu piknik.

Setelah berbulan-bulan terus berada di rumah, mereka mungkin saja sudah terlalu jenuh. Sehingga piknik menjadi sesuatu yang urgent untuk dilakukan.

Di mana saja spot wisata yang bisa dikunjungi di Baturraden? Berikut selengkapnya.

1 dari 7 halaman

Pancuran Pitu

spot wisata di baturraden

©2020 Merdeka.com

Pancuran Pitu adalah sumber air panas yang ada di Baturraden. Air panasnya sendiri berasal dari Gunung Slamet.

Dinamakan “pancuran pitu” karena pada sumber air panas itu terdapat tujuh pancuran. Karena airnya cukup panas yaitu 70-90 derajat celcius, pengunjung yang ingin merasakan airnya hendaknya menggunakan sandal.

Dilansir dari Banyumaskab.go.id, air yang mengandung belerang di sini bermanfaat bagi kesehatan kulit. Sehingga banyak wisatawan yang cuci kaki, cuci tangan, cuci muka, bahkan mandi di sumber air panas ini.

2 dari 7 halaman

Pancuran Telu

spot wisata di baturraden

©Wego.co.id

Sama seperti Pancuran Pitu, Pancuran Telu merupakan sumber air panas yang ada di Baturraden. Hanya saja, pancuran di sana lebih sedikit yakni tiga pancuran saja.

Namun dibanding Pancuran Pitu, sumber air panas ini lebih ramai wisatawan. Hal ini dikarenakan tempatnya yang lebih dekat dari pintu gerbang wisata.

Ada yang unik di Pancuran Telu. Tepat di sebelah pancuran itu, ada air terjun mini yang kolam airnya jernih dan bening. Berbeda dengan kolam air di pancuran telu yang warnanya kuning pekat.

3 dari 7 halaman

Telaga Sunyi

spot wisata di baturraden

©Travelingyuk.com

Sesuai namanya, Telaga Sunyi merupakan tempat yang sunyi di Baturraden. Karena kesunyiannya, tempat ini cocok dijadikan tempat menyendiri atau bertapa. Tempatnya pun cukup jauh dari pintu gerbang wisata, yaitu sekitar 2,8 km.

Namun, ada mitos di tempat wisata ini. Konon, jika seseorang berkata kotor, akan ada makhluk halus yang akan mendorongnya ke dasar sungai. Ada pula mitos sepasang kekasih akan berpisah apabila sampai bertengkar di tempat itu. Terlepas dari itu semua, wisatawan memang harus menjaga sopan santun di sana.

4 dari 7 halaman

Kebun Raya Baturraden

spot wisata di baturraden

©Lipi.go.id

Kebun Raya Baturraden diresmikan pada tahun 2004. Namun, tempat itu baru dibuka untuk wisatawan pada 19 Desember2015 oleh Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri. Mengusung tema “Taman Tanaman Pegunungan Jawa”, kebun raya ini menjadi kawasan konservasi dan pelestarian berbagai tumbuhan khas pegunungan di Pulau Jawa.

Dilansir dari Jejakpiknik.com, Kebun Raya Baturraden menyimpan koleksi sebanyak 2.600 spesimen tumbuhan. Selain itu, tempat ini juga memiliki wahana wisata lain seperti rumah pohon, rumah kompos, rumah kaca, rumah anggrek, wahana permainan, gazebo, dan area pembibitan.

5 dari 7 halaman

Kaloka Widya Mandala

slamet baturraden jadi primadona wisata

©2017 Merdeka.com

Kalau Kebun Raya Baturraden menyajikan aneka flora atau tanaman, di Kaloka Widya Mandala ini wisatawan akan disuguhkan dengan kekayaan fauna yang ada di sana. Bahkan pada tahun 1996, tempat ini pernah meraih prestasi sebagai Visit Indonesia Dekade 1991-2000 dalam penobatan Anugerah Wisata Jawa Tengah dan DIY.

Dilansir dari Wikipedia.org, di tempat ini terdapat berbagai macam binatang yang berasal dari dalam dan luar negeri seperti: Sapi kaki lima, Kambing kaki tiga, Gajah, Beruk, Buaya Irian, Ular Sanca, Kaswari, Monyet, Landak, Iguana, Cendrawasih, dan beberapa hewan langka seperti Harimau Sumatra, Beruang Madu, dan Macan Dahan.

6 dari 7 halaman

Teater Alam

spot wisata di baturraden

©Tripadvisor.com

Salah satu lokasi paling menarik di Baturraden adalah Teater Alam atau bioskop berbentuk pesawat. Teater alam ini letaknya tepat di samping pintu gerbang tempat wisata. Hanya saja bioskop ini tidak menayangkan film Hollywood atau film layar lebar, melainkan film tentang alam dan budaya tanah air yang berdurasi 10-15 menit.

Sebenarnya, teater ini ditujukan bagi para pengunjung yang belum pernah naik pesawat supaya bisa merasakan sensasi naik pesawat terbang sembari menikmati film. Untuk masuk ke dalam teater ini wisatawan cukup membayar uang 5.000 rupiah saja.

7 dari 7 halaman

Desa Wisata Ketengger

spot wisata di baturraden

©Topwisata.info

Desa Wisata Ketengger merupakan salah satu tujuan wisata di kawasan Baturraden. Selain memiliki wisata alam yang menarik seperti air terjun, tempat wisata ini terdapat peninggalan bersejarah yaitu rel roli yang menjadi peninggalan zaman Penjajahan Belanda.

Tak hanya itu, tempat ini juga menyajikan kesenian tradisional seperti siteran, kuda lumping, dan wayang kulit khas Banyumas. Bila wisatawan datang dari wilayah yang jauh, desa ini juga menyediakan villa bagi mereka yang ingin bermalam di tempat ini.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini