Sering Disepelekan, Ini Lho Pentingnya Skrining Pribadi Sebelum Keluar Rumah

Selasa, 28 September 2021 22:31 Reporter : Magang
Sering Disepelekan, Ini Lho Pentingnya Skrining Pribadi Sebelum Keluar Rumah Ilustrasi kegiatan di luar rumah. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Turunnya kasus Covid-19 di Indonesia beberapa hari terakhir ini membawa angin segar bagi masyarakat. Turunnya level PPKM membuat kegiatan masyarakat di tempat umum mulai terlihat lebih ramai dari sebelumnya. Beberapa tempat umum, seperti mal sudah diperbolehkan beroperasi.

Tempat-tempat makan dan kafe juga diizinkan untuk dikunjungi dengan peraturan prokes ketat. Sedikit demi sedikit, masyarakat pun mulai berkegiatan di luar rumah. Momen pertemuan pun mulai dilakukan secara langsung tanpa virtual.

Meski begitu, masyarakat diminta tak boleh lengah berhadapan dengan pandemi. Pasalnya, kemungkinan terjadinya gelombang ketiga Covid-19 masih menghantui. Oleh karena itu, penting untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di segala situasi.

Sebelum melakukan aktivitas di luar rumah dan bertemu orang lain, penting juga untuk melakukan skrining pribadi. Meski penting, nyatanya cara satu ini masih sering disepelekan. Padahal, skrining pribadi termasuk upaya pencegahan agar tak menyebarkan virus.

Menurut dr. Reisa Broto Asmoro, selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, masyarakat harus mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru. Masyarakat harus mengikuti normal baru di ruang publik untuk saling jaga agar tidak tertular atau menularkan virus Covid-19.

"Masyarakat harus membiasakan diri mengikuti norma baru di ruang publik, atau yang dikenal dengan istilah adaptasi kebiasaan baru. Gencarkan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan. Pastikan kita dan keluarga segera tervaksin dengan lengkap," katanya dikutip dalam konferensi pers Satgas Covid-19, Selasa (28/9).

Sejatinya, melakukan skrining pribadinya bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa melakukannya dengan mengecek suhu tubuh, memastikan sedang tidak sakit, mengenakan masker dobel untuk efektivitas lebih optimal, bawa pencuci tangan seperti hand sanitizer, masker cadangan, dan disinfektan pribadi.

Saat sudah berada di luar rumah, jangan lupa juga untuk selalu menerapkan pesan ibu, yakni tetap memakai masker (terutama saat di dalam ruangan), menjaga jarak dan mencuci tangan. Jangan lupa juga untuk melakukan vaksin jika sudah mendapat kesempatan.

Reporter: Azizta Laksa Mahardikengrat [snw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Covid 19
  3. Protokol Kesehatan
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini