Restrukturisasi adalah Upaya Reformasi Strategi dalam Perusahaan, Ketahui Tujuannya

Kamis, 18 Agustus 2022 15:01 Reporter : Ayu Isti
Restrukturisasi adalah Upaya Reformasi Strategi dalam Perusahaan, Ketahui Tujuannya Ilustrasi bisnis. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/violetkaipa

Merdeka.com - Dalam dunia bisnis, perubahan menjadi salah satu tantangan yang harus terus dihadapi. Bukan tanpa alasan, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih dan ketatnya persaingan industri, memaksa setiap perusahaan harus bisa menyesuaikan dengan baik. Upaya penyesuaian diri ini tidak lain dilakukan agar perusahaan terus hidup dan bertahan.

Salah satu langkah yang sering dilakukan untuk menghadapi tantangan ini adalah restrukturisasi. Restrukturisasi adalah kegiatan perusahaan untuk mereformasi strategi operasional perusahaan untuk pencapaian tujuan atau target dengan sukses. Langkah restrukturisasi bukan hanya mendukung kemajuan kondisi finansial, tetapi juga kemanjuan operasional yang memberikan hasil yang baik.

Dalam hal ini, terdapat dua jenis restrukturisasi yang dilakukan perusahaan, tidak lain adalah restrukturisasi keuangan dan organisasi. Dua jenis restrukturisasi ini memiliki tujuan yang berbeda, sehingga perusahaan bisa mengambil langkah yang disesuaikan dengan masalah perusahaan.

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia bisnis, baik skala besar maupun kecil, penting untuk memahami apa itu restrukturisasi, apa saja jenisnya dan masing-masing tujuannya. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaat restrukturisasi yang bisa didapatkan bagi perusahaan.

Dilansir dari laman WallStreetMojo, kami merangkum pengertian, jenis, tujuan, dan manfaat restrukturisasi adalah sebagai berikut.

2 dari 4 halaman

Pengertian Restrukturisasi

Restrukturisasi adalah suatu cara yang dilakukan perusahaan untuk mendesain kembali atau melakukan reformasi untuk kemajuan perusahaan. Upaya ini tidak hanya membantu perusahaan untuk mencapai kemajuan kondisi finansial, tetapi juga dapat mendukung peningkatan operasional perusahaan. Dengan begitu, aktivitas yang dilakukan perusahaan bisa memberikan hasil atau output yang sukses.

Untuk melakukan upaya ini, diperlukan beberapa penyesuaian, seperti pemisahan, penambahan, pembubaran, atau pengalihan sektor bisnis yang tidak produktif atau perbaikan keuangan yang lebih dalam. Umumnya, perusahaan akan mengambil langkah restrukturisasi ketika mengalami suatu masalah. Misalnya, Perusahaan mengalami kebangkrutan sehingga perlu mengubah strategi di beberapa bidang agar perusahaan dapat bangkit dan hidup kembali.

Selain itu, restrukturisasi juga bisa dilakukan ketika perusahaan memutuskan untuk mengubah target pasar, atau ketika menyetujui perbaikan struktural lebih lanjut, seperti keputusan untuk bergabung dengan perusahaan lain. Dengan adanya perubahan tersebut, perusahaan perlu melakukan restrukturisasi guna menyesuaikan kondisi yang ada.

3 dari 4 halaman

Jenis dan Tujuan Restrukturisasi

Setelah mamahami bahwa restrukturisasi adalah upaya perusahaan melakukan reformasi, berikutnya akan dijelaskan jenis-jenis restrukturisasi dalam perusahaan. Seperti disebutkan sebelumnya, terdapat dua jenis restrukturisasi yang sering dilakukan dalam dunia bisnis, yaitu restrukturisasi keuangan dan restrukturisasi organisasi.

Pertama, restrukturisasi keuangan adalah upaya perusahaan menyusun kembali strategi setelah terjadi penurunan tajam dalam total penjualan atau berada di situasi keuangan yang drastis. Dalam hal ini, perusahaan dapat mengambil beberapa langkah seperti memodifikasi ekuitas kepemilikan dan pola, melakukan pola kepemilikan silang, dan pengaturan pembayaran utang. Beberapa langkah ini dilakukan untuk mempertahankan pasar dan profitabilitas dari bisnis.

Kedua, restrukturisasi organisasi adalah upaya modifikasi dalam struktur organisasi yang dilakukan perusahaan. Upaya ini meliputi pengurangan tingkat hierarki, perampingan pekerja, pengembangan kembali profil pekerjaan, dan mengubah hubungan pelaporan. Oleh karena itu, restrukturisasi organisasi membantu mengurangi biaya dan menyelesaikan iuran yang belum dibayar untuk melanjutkan kegiatan komersial.

4 dari 4 halaman

Manfaat Restrukturisasi

Setelah memahami restrukturisasi adalah langkah modifikasi yang dilakukan perusahaan dalam bidang keuangan atau organisasi, terakhir akan dijelaskan manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari kebijakan ini. Secara umum manfaat restrukturisasi adalah untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi perusahaan, agar perusahaan bisa bertahan di tengah tantangan perubahan.

Bukan hanya itu, restrukturisasi juga memberikan berbagai manfaat lain yang tidak kalah penting. Beberapa manfaat restrukturisasi dalam perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Restrukturisasi dengan menata ulang kegiatan usaha dapat membantu meningkatkan interaksi antara lokasi atau divisi cabang perusahaan. Ini juga dapat memperkuat kolaborasi antar divisi yang semakin kuat. Dengan komunikasi berjalan dengan lancar tentu tujuan atau target perusahaan dapat dicapai dengan baik.
  • Restrukturisasi juga dapat membantu mempertahankan atau memperbaiki dana perusahaan. Ini bisa dilakukan dengan memaksimalkan aliran pendapatan, pengurangan utang, dan pengelolaan kelangsungan operasi selama kondisi keuangan mengalami penurunan.
  • Restrukturisasi juga berguna untuk menyetarakan perusahaan dengan pesaing. Dengan restrukturisasi, perusahaan bisa mengatur kembali fasilitas dan dana fungsional untuk alokasi yang lebih tepat. Cara ini juga membantu perusahaan menyesuaikan perubahan industri yang ada. Dengan begitu, perusahaan bisa terus bertahan bahkan dapat menandingi saingan pasar.
  • Restrukturisasi juga bermanfaat untuk mendukung produktivitas karyawan. Reorganisasi divisi atau perusahaan yang lengkap memungkinkan para pemimpin mendesain ulang urusan dan peran komersial yang lebih baik dan efisien. Upaya ini bisa dilakukan dengan membentuk tim gerakan kerja atau sistem pelaksana untuk meningkatkan fungsionalitas.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini