Pesona Wisata Sarangan Kabupaten Magetan, Sajikan Panorama Telaga Cantik dan Asri

Minggu, 14 November 2021 15:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Pesona Wisata Sarangan Kabupaten Magetan, Sajikan Panorama Telaga Cantik dan Asri Telaga Sarangan. ©2020 Merdeka.com/dolanyok.com

Merdeka.com - Wisata alam memang selalu menyimpan keindahan yang tidak pernah gagal memberikan rasa takjub bagi setiap orang yang melihatnya. Bukan tanpa alasan, berbagai destinasi wisata alam mampu menyuguhkan pemandangan yang sejuk, asri, dan menenangkan. Tidak heran, jika banyak orang memilih wisata alam sebagai tujuan liburan untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang lebih rileks.

Salah satu destinasi wisata alam di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi adalah wisata Sarangan. Wisata Sarangan merupakan salah satu objek populer di Kabupaten Magetan yang menjadi favorit pada wisatawan. Objek wisata ini menyajikan pemandangan telaga air yang luas dan bersih.

Bukan hanya itu, wisata Sarangan yang terletak di lereng Gunung Lawu mempunyai latar belakang pegunungan yang sejuk dan asri. Ini menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi bersama keluarga atau teman. Dengan sajian pemandangan alam yang cantik dan asri, Anda bisa melepaskan rasa lelah dan penat dari berbagai aktivitas harian.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa fasilitas yang ditawarkan di objek wisata Sarangan ini. Mulai dari naik perahu, becak air, hingga berkeliling kompleks wisata dengan naik kuda. Melansir dari Liputan6.com, berikut kami merangkum berbagai fasilitas hingga harga wisata Sarangan yang bisa Anda coba.

2 dari 4 halaman

Lokasi Wisata Sarangan dan Harga Tiket

telaga sarangan
©2020 Merdeka.com/dolanyok.com

Wisata Sarangan merupakan salah satu objek wisata alam populer yang ada di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Magetan. Sekitar 16 km dari Kota Magetan atau 5 km dari arah Tawangmangu, Anda bisa menuju lokasi wisata dengan menggunakan transportasi umum.

Namun jika Anda ingin menempuh dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan Anda kuat untuk melewati jalanan yang berkelok dan tanjakan yang curam. Meskipun harus melewati perjalanan dengan medan yang sulit, namun perasaan lelah akan terbayarkan dengan keindahan panorama wisata Sarangan yang sejuk dan asri.

Cukup membayar tiket masuk seharga Rp15 ribu dan biaya parkir kendaraan 5-7 ribu rupiah, Anda bisa menikmati liburan yang menyenangkan bersama keluarga atau teman. Jika ingin tinggal lebih lama, wisata Sarangan ini juga menawarkan penginapan dan homestay yang cocok untuk Anda.

3 dari 4 halaman

Fasilitas Wisata Sarangan

Selain pemandangan telaga dan latar belakang pegunungan yang asri, wisata Sarangan ini juga mempunyai beberapa fasilitas menarik yang bisa Anda coba. Di sini, Anda bisa melihat pemandangan telaga yang luas sekitar 30 hektar dan kedalaman mencapai 28 meter. Untuk berkeliling telaga, Anda bisa menyewa speed boat dengan membayar Rp50 ribu. Namun jika ingin lebih bersantai, Anda bisa menyewa becak air dan menikmati pemandangan sekitar.

Di samping wahana air, Anda juga bisa mencoba pengalaman yang lebih seru dengan naik kuda. Cukup membayar Rp50 ribu, Anda didampingi penjaga dapat berkeliling sekitar kompleks wisata Sarangan dengan naik kuda. Dengan fasilitas ini, tentu pengalaman liburan Anda tidak akan membosankan.

Selain itu, Anda bisa menikmati fasilitas air terjun Tirtosari yang cantik. Di sini, Anda bisa bermain air atau mencari spot foto menarik dengan latar belakang air terjun untuk menambah koleksi foto di media sosial Anda.

Terakhir, Anda bisa menikmati sisa waktu kunjungan dengan bersantai di gubug-gubug yang disediakan. Sambil menyantap kuliner di lokasi wisata tersebut, Anda bisa beristirahat setelah selesai berkeliling.

4 dari 4 halaman

Wisata Kuliner dan Oleh-Oleh

telaga sarangan©2020 Merdeka.com/pesonawisataindonesia.com

Di wisata Sarangan, tersedia beragam kuliner lezat yang bisa Anda coba. Mulai dari sate kelinci kh

Berbagai makanan ini tersedia di warung-warung yang ada di sekitar wisata Sarangan. Sehingga Anda tidak perlu keluar kompleks wisata untuk mencari makanan saat lapar. Cukup memilih salah satu warung dan menikmati berbagai sajian menu yang ditawarkan.

Jika tidak terlalu lapar, Anda pun bisa menikmati secangkir kopi dan teh sambil melihat pemandangan alam di sekitar. Ini menjadi kegiatan santai yang dapat dilakukan, sambil menunggu anggota keluarga lain yang sedang berkeliling atau mencoba berbagai wahana tempat wisata.

Selain itu, Anda bisa memilih berbagai souvenir yang ditawarkan oleh para penjual di sekitar tempat wisata. Mulai dari kerajinan anyaman bambu, kulit, hingga sepatu unik. Ada pula beberapa pilihan camilan khas yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh, seperti emping melinjo atau kerupuk puli, yaitu kerupuk yang terbuat dari nasi.

Anda juga bisa mampir sejenak di pasar dekat wisata Sarangan untuk membeli berbagai pilihan sayuran segar yang dipetik dari perkebunan di sekitar Gunung Lawu. Banyaknya pilihan souvenir dan makanan yang tersedia di lokasi wisata, memudahkan Anda untuk membeli berbagai macam buah tangan untuk dibagikan kepada saudara atau tetangga sekitar sepulang dari liburan.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini