Peristiwa 4 Mei: Napoleon Bonaparte Dibuang ke Pulau Elba, Ketahui Penyebabnya

Selasa, 4 Mei 2021 05:05 Reporter : Jevi Nugraha
Peristiwa 4 Mei: Napoleon Bonaparte Dibuang ke Pulau Elba, Ketahui Penyebabnya Napoleon Bonaparte. pinterest.com

Merdeka.com - Napoleon Bonaparte merupakan jenderal dan kaisar Prancis yang sangat populer di dunia. Sebagai seorang kaisar, Ia berhasil menguasai hampir seluruh dataran Eropa baik dengan diplomasi maupun peperangan. Napoleon sangat berambisi untuk memperluas wilayah kekuasaannya sehingga selama 11 tahun bertahta, nyaris tiada bulan tanpa perang.

Pria kelahiran Prancis, 15 Agustus 1769 ini awalnya hanya seorang perwira biasa. Namun, karier militer Napoleon semakin meningkat pasca Revolusi Prancis pada 1789. Di usia 25 tahun, Ia sudah menjadi panglima perang kerajaan Prancis. Tak heran, jika nama Napoleon Bonaparte terkenal dan begitu menginspirasi di kalangan penggemarnya.

Pada tahun 1812, pasukan yang dipimpin Napoleon mengalami kekalahan dari Rusia. Tidak hanya itu, pasukan Prancis juga kalah saat melawan pasukan gabungan dari Austria, Inggris, dan Rusia. Semenjak mengalami beberapa kekalahan tersebut, tepat hari ini 4 Mei 1814 Napoleon harus diturunkan dari tahtanya dan diasingkan ke Pulau Elba.

Lantas, apa latar belakang dan penyebab Napoleon Bonaparte dibuang ke pulau Elba? Simak ulasannya yang dilansir dari Britannica:

Baca Selanjutnya: Mengenal Sosok Napoleon Bonaparte...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini