Peristiwa 23 Februari 1954: Pemberian Vaksin Polio Pertama di Amerika Serikat

Selasa, 23 Februari 2021 06:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Peristiwa 23 Februari 1954: Pemberian Vaksin Polio Pertama di Amerika Serikat ilustrasi vaksin. ©2012 diena.lv

Merdeka.com - Vaksin merupakan salah satu teknologi dalam dunia kesehatan yang digunakan untuk mengatasi berbagai macam wabah penyakit. Dalam hal ini, vaksin diberikan atau disuntikkan pada tubuh manusia untuk meningkatkan sistem kekebalan di dalamnya. Dengan begitu, tubuh bisa menjadi lebih kuat dan tidak rentan terserang penyakit tertentu.

Salah satu vaksin yang membantu mengatasi wabah penyakit berbahaya adalah vaksin polio. Sesuai dengan namanya, vaksin ini diberikan untuk menghentikan penularan wabah penyakit polio. Meskipun dikatakan tidak separah wabah influenza, namun poliomielitis termasuk penyakit menular yang cukup mengerikan dan tidak mudah dihentikan.

Dengan begitu, vaksin ini diberikan dengan harapan dapat menekan kasus penularan penyakit polio yang ada di masyarakat. Hal ini salah satunya dilakukan Amerika Serikat pada 23 Februari 1954. Ini menjadi peristiwa pertama dilaksanakan pemberian vaksin polio pada sekelompok anak Sekolah Dasar di Pittsburgh, Pennsylvania.

Di balik peristiwa vaksinasi polio pertama di Amerika ini ternyata mempunyai perjalanan sejarah dan latar belakang yang cukup panjang. Mulai dari awal pembuatan hingga pengembangan vaksin polio yang ada hingga saat ini. Ini menjadi salah satu sejarah penting yang dalam menciptakan daya tahan tubuh masyarakat yang sehat dan kuat.

Dilansir dari History.com, berikut merdeka.com merangkum peristiwa 23 Februari 1954 sebagai momen pertama pemberian vaksin polio di Amerika Serikat.

Baca Selanjutnya: Mengenal Penyakit Poliomielitis...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini