Peristiwa 11 Juni: Wafatnya Gatot Subroto, Pejuang Tiga Zaman yang Inspiratif

Jumat, 11 Juni 2021 06:50 Reporter : Jevi Nugraha
Peristiwa 11 Juni: Wafatnya Gatot Subroto, Pejuang Tiga Zaman yang Inspiratif Ilustrasi Gatot Subroto. wikipedia.org

Merdeka.com - Gatot Subroto adalah salah seorang tokoh perjuangan militer Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Pahlawan nasional Indonesia satu ini dikenal sebagai tentara yang sangat peduli dengan rakyat kecil meski bekerja sebagai tentara kependudukan Belanda dan Jepang. Hal inilah yang membuat sosoknya selalu dikenang dan dijadikan inspirasi bagi generasi selanjutnya.

Selama menjabat sebagai komandan kompi dan batalyon, pria kelahiran Banyumas, 10 Oktober 1909 ini, dinilai sering memihak kepada rakyat pribumi. Tentu saja perilakunya tersebut bukan tanpa risiko, beliau kerap ditegur oleh atasannya. Meski sering mendapat peringatan oleh atasan, tidak membuat Gatot Subroto kapok dan patuh terhadap pemerintah.

Tepat hari ini, 11 Juni pada tahun 1962 silam, sosok pahlawan pemberani dan peduli dengan kaum tertindas itu, menghembuskan napas terakhirnya. Tentu saja peristiwa ini menjadi duka cita yang mendalam bagi bangsa Indonesia.

Lantas, seperti apa sepak terjang Gatot Subroto dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia? Simak ulasannya yang dirangkum dari laman Sejarah TNI:

Baca Selanjutnya: Masa Kecil Gatot Subroto...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini