Peringatan Hari Musik 9 Maret, Ketahui Latar Belakang Sejarahnya

Selasa, 9 Maret 2021 05:50 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Peringatan Hari Musik 9 Maret, Ketahui Latar Belakang Sejarahnya wr supratman. photobucket.com

Merdeka.com - Dapat dikatakan, musik merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Musik dapat memberikan hiburan yang menyenangkan bagi masyarakat.

Bukan hanya itu, musik juga digunakan dalam berbagai macam kegiatan. Seperti musik yang digunakan untuk melengkapi pertunjukan film atau drama, musik untuk media relaksasi, hingga musik sebagai media pendidikan atau penyebaran agama pada zaman dahulu.

Bagi setiap negara, musik juga digunakan sebagai suatu identitas kebangsaan tersendiri. Di mana setiap negara mempunyai lagu kebangsaan yang mencerminkan semangat perjuangan dari masing-masing latar belakang yang dimiliki bangsa tersebut. Termasuk lagu kebangsaan Indonesia Raya karya W.R. Supratman yang mempunyai makna mendalam dan mampu membangkitkan semangat patriotisme bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Tidak heran jika Indonesia memberikan apresiasi yang tinggi pada musik. Bukan hanya W.R. Supratman yang menciptakan lagu kebangsaan, tetapi juga apresiasi bagi musisi masa kini yang masih menghidupkan industri hiburan musik. Salah satu bentuk penghargaan yang diberikan tidak lain adalah menetapkan 9 Maret sebagai peringatan Hari Musik Nasional.

Penetapan Hari Musik Nasional ini pun mempunyai tujuan dan latar belakang sejarah tersendiri yang menarik untuk diketahui. Hal ini tidak jauh dari peran W.R. Soepratman sebagai salah satu musisi yang menyumbangkan kontribusi baik bagi Indonesia. Dilansir dari Kapanlagi.com, berikut kami merangkum sejarah peringatan Hari Musik Nasional dan informasi lainnya yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Sejarah Hari Musik Nasional...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini