Pengertian Pemanasan Global dan Dampaknya, Timbulkan Berbagai Gangguan Cuaca Ekstrem

Senin, 31 Agustus 2020 19:15 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Pengertian Pemanasan Global dan Dampaknya, Timbulkan Berbagai Gangguan Cuaca Ekstrem Ilustrasi banjir. ©Unplash/jonfordphotos

Merdeka.com - Seperti diketahui, global warming atau pemanasan global merupakan masalah besar yang saat ini sedang dihadapi oleh seluruh umat manusia dan makhluk hidup di bumi. Kondisi ini ditandai dengan terjadinya peningkatan suhu bumi yang semakin panas. Bukan hanya itu, berbagai gejala lain seperti kondisi cuaca yang tidak menentu menjadi salah satu tanda terjadinya global warming.

Peningkatan suhu bumi ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yang tidak lain berasal dari aktivitas manusia. Mulai dari aktivitas pembakaran bahan bakar fosil industri maupun transportasi, tindakan penggundulan hutan, serta aktivitas pertanian dan peternakan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Beberapa aktivitas manusia ini ternyata menghasilkan emisi karbon yang berdampak pada efek rumah kaca.

Dengan begitu, pengertian pemanasan global dapat dipahami sebagai suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan suhu bumi yang semakin panas. Lebih lanjut, kondisi ini akan menimbulkan berbagai macam dampak pada kehidupan manusia dan makhluk hidup di bumi. Mulai dari naiknya permukaan air laut, semakin banyaknya peristiwa cuaca ekstrem yang terjadi, hingga meningkatnya suhu dan keasaman air laut.

Maka dari itu, sudah saatnya masyarakat di seluruh dunia menyadari dan mengakui bahwa kondisi pemanasan global saat ini sudah terjadi. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, diharapkan dapat disertai dengan berbagai usaha untuk mengurangi aktivitas yang memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Sehingga penting untuk mengetahui pengertian pemanasan global dan berbagai dampak yang ditimbulkan.

Dilansir dari situs World Wild Fund, berikut kami telah merangkum ulasan mengenai pengertian pemanasan global beserta dampaknya secara lengkap untuk Anda.

2 dari 7 halaman

Pengertian Pemanasan Global

senang dengan adanya global warming
©2017 Merdeka.com

Pengertian pemanasan global merupakan hal mendasar yang perlu dipahami oleh masyarakat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengertian pemanasan global dapat dipahami sebagai kondisi meningkatnya suhu bumi yang disebabkan oleh berbagai gas karbon pada efek rumah kaca. Senyawa karbon ini tidak lain adalah gas karbondioksida (CO2), gas metana (CH4), dan gas dinitrogen oksida (N20).

Beberapa senyawa karbon tersebut tidak lain dihasilkan oleh berbagai aktivitas manusia, terutama setelah munculnya peristiwa Revolusi Industri. Mulai dari aktivitas pabrik, munculnya berbagai moda transportasi, hingga semakin banyaknya aktivitas pertanian dan peternakan dengan teknologi baru yang dilakukan masyarakat. Dengan begitu, semakin banyak gas rumah kaca yang dilepaskan ke atmosfer dan menimbulkan pemanasan global.

Terakhir pada tahun 2015, tercatat peningkatan suhu bumi sudah mencapai 1 derajat celcius, dibandingkan masa pra-industri. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka suhu bumi akan terus meningkat di setiap tahunnya. Bahkan diperkirakan akan meningkat sebesar 3 – 4 derahat celcius pada akhir abad. Hal ini pun tentu akan berdampak pada kondisi lingkungan yang semakin rusak dan tidak layak ditempati.

3 dari 7 halaman

Dampak Pemanasan Global

Setelah memahami pengertian pemanasan global, perlu diketahui pula berbagai dampak yang ditimbulkan dari kondisi bumi yang semakin panas. Beberapa dampak ini secara tidak langsung akan memberikan pengaruh ke berbagai aspek dalam kehidupan manusia.

Mulai dari naiknya permukaan air laut, terjadinya berbagai peristiwa cuaca ekstrem, hingga meningkatnya suhu dan keasaman air laut. Berikut adalah beberapa dampak pemanasan global yang perlu diketahui:

4 dari 7 halaman

Naiknya Suhu Bumi

udara©istimewa

Dampak pemanasan global yang pertama adalah naiknya suhu bumi. Berdasarkan hasil pengamatan, 2015 dikatakan sebagai tahun terpanas dalam sepanjang sejarah.

Naiknya gelombang panas bumi ini pun diperkirakan akan terus terjadi di tahun-tahun berikutnya. Bahkan naiknya suhu bumi dapat diprediksi mencapai angka 54 derajat Celcius.

5 dari 7 halaman

Naiknya permukaan Air Laut

Selain suhu bumi yang semakin panas, kondisi global warming juga berdampak pada naiknya permukaan air laut. Dalam hal ini, meningkatnya suhu bumi mengakibatkan gletser dan lapisan es di seluruh dunia mencair.

Mencarinya gletser dan lapisan es ini tentu akan meningkatkan volume air laut. Kondisi ini tentu akan mengancam pulau-pulau yang ada di dataran rendah serta kota-kota yang berdekatan dengan pesisir pantai.

6 dari 7 halaman

Semakin Banyak Peristiwa Cuaca Ekstrem

ilustrasi banjir©Unplash/jonfordphotos

Berikutnya, dampak pemanasan global juga berpengaruh pada kondisi cuaca yang semakin tidak terkendali. Berbagai peristiwa akibat cuaca ekstrem pun semakin sering terjadi. Mulai dari kebakaran hutan, kekeringan, hingga banjir yang melanda kota-kota besar di seluruh dunia. Beberapa kondisi ini pun sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

7 dari 7 halaman

Meningkatnya Suhu dan Keasaman Air Laut

Dampak pemanasan global yang terakhir adalah meningkatnya suhu dan keasaman air laut. Dalam hal ini, lautan menyerap sebagian besar panas yang disebabkan oleh gas karbon dioksida. Hal inilah yang mengakibatkan laut menjadi lebih hangat dan lebih asam.

Suhu dan tingkat keasaman air laut yang semakin meningkat tentu memberikan berbagai dampak bagi lingkungan dan biota laut. Mulai dari terumbu karang yang memutih, memicu gelombang dan badai yang lebih kuat, hingga mengancam kehidupan kerang serta merusak rantai makanan biota laut.

Dengan begitu, jika kondisi pemanasan global tidak segera ditangani bisa merusak dan menghancurkan kehidupan manusia dan berbagai makhluk bumi lainnya.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini