Angkat Martabat Petani, Pemuda Milenial Ini Olah Singkong jadi Tepung Mocaf

Jumat, 18 September 2020 13:51 Reporter : Shani Rasyid
Angkat Martabat Petani, Pemuda Milenial Ini Olah Singkong jadi Tepung Mocaf Rumah Mocaf Indonesia. ©YouTube/Kementerian Pertanian

Merdeka.com - Riza Azyumarridha Azra (28) pada awalnya tidak pernah berpikir untuk berbisnis singkong. Sebagai aktivis pemuda yang tergabung di dalam Sekolah Inspirasi Pedalaman Banjarnegara, dulunya dia bersama teman-teman komunitasnya rutin berkunjung ke desa-desa pedalaman setiap akhir pekan. Kegiatan itu dilakukan untuk memberi inspirasi pada anak-anak yang putus sekolah agar mau melanjutkan sekolahnya.

Pada suatu hari, saat Riza sedang mengadakan kegiatan di sebuah desa, ada seorang petani singkong yang menangis di hadapannya dan teman-teman komunitasnya. Petani tersebut mengadu jika singkong yang dihasilkan para petani pada waktu itu hanya dihargai Rp200 per/kg. Hal inilah yang membuat singkong-singkong di sana dibiarkan membusuk di lahan-lahan.

Fenomena itu terjadi tak hanya di satu tempat, melainkan di banyak daerah yang tersebar di seluruh Kabupaten Banjarnegara. Padahal, kabupaten itu merupakan penghasil singkong terbesar kedua se-Jawa Tengah.

Melihat kenyataan tersebut, pemuda lulusan teknik elektro itu tergerak hatinya untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para petani singkong. Riza dan teman-temannya pun mencoba berkonsultasi dengan para pakar singkong untuk menemukan solusi dari masalah itu.

Lalu apa solusi yang diberikan para pakar kepada Riza dan kawan-kawan? Berikut selengkapnya:

Baca Selanjutnya: Diolah jadi Mocaf...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini