Pemancing Blora Temukan Bom Rudal di Tepi Bengawan Solo, Peninggalan Perang Dunia II

Selasa, 30 Juni 2020 09:19 Reporter : Shani Rasyid
Pemancing Blora Temukan Bom Rudal di Tepi Bengawan Solo, Peninggalan Perang Dunia II Bom Perang Dunia Blora. ©2020 liputan6.com

Merdeka.com - Pada Sabtu (27/6), seorang warga Blora menemukan sebuah benda aneh ketika sedang memancing di tepi Sungai Bengawan Solo, tepatnya di wilayah Sorogo, Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu. Benda itu berbentuk seperti rudal dan ditemukan terendam pada tepi aliran sungai. Setelah diselidiki oleh Tim Komandan Rayon Militer (Koramil) Cepu, ternyata benda itu adalah bom bekas peninggalan Perang Dunia II.

Penemuan bom itu berawal ketika Nanang, seorang pemancing yang menemukan bom itu, memancing dan melempar kail pancingnya. Seketika itu juga kakinya tidak sengaja menginjak benda keras hingga berdarah. Berikut kronologinya:

1 dari 4 halaman

Penemuan Bom

bom perang dunia blora

©2020 liputan6.com

Bom peninggalan perang itu awalnya ditemukan Nanang saat dia melempar kail pancingnya. Saat itu juga dia menginjak sebuah benda keras.

Bersama temannya, Chandra, dia kemudian mengangkat benda tersebut. Ia pun langsung kaget melihat benda yang dia injak itu mirip dengan rudal peninggalan zaman Belanda.

2 dari 4 halaman

Bekas Rudal Balistik

bom perang dunia blora

©2020 liputan6.com

Candra kemudian langsung melaporkan penemuan itu ke Bhabinsa Kelurahan Ngelo, Sertu Sutikno. Dilansir dari Liputan6.com pada Senin (29/6), benda itu memiliki panjang sekitar 50 cm, diameter 25 cm, dengan sirip ekor sebanyak empat buah.

Bom itu berjenis rudal balistik yang biasa terpasang pada pesawat atau helikopter tempur. 

3 dari 4 halaman

Diledakkan di Hutan Blora

bom perang dunia blora

©2020 liputan6.com

Bom kemudian dievakuasi oleh Tim Gegana Polda Jateng bersama TNI dan langsung dibawa ke lokasi peledakan yang berada di tengah hutan Pos DX wilayah Perhutani KPH Cepu. Lokasi itu dipilih karena jauh dari pemukiman penduduk.

“Alhamdulillah tadi prosesnya mulai dari evakuasi yang dilakukan oleh Tim Brimob Polda Jateng berjalan lancer, aman, dan tidak ada hambatan,” kata Kapolsek Cepu, AKP Agus Budiana.

4 dari 4 halaman

Peninggalan Perang Dunia II

Menurut Agus, bom yang diledakkan itu berjenis bom udara yang memiliki daya ledak yang cukup tinggi. Selain itu dia juga menuturkan bahwa bom itu diduga merupakan peninggalan Belanda pada saat Perang Dunia II.

“Untuk bangkainya itu nanti akan dibawa oleh tim dari Polda sebagai barang bukti,” kata Agus.

[shr]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. DIY
  4. Berita
  5. Blora
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini