Niat Tunda Skripsi Malah Jadi Jurnalis, Begini Perjalanan Karier Najwa Shihab

Senin, 27 Juni 2022 12:12 Reporter : Denny Marhendri
Niat Tunda Skripsi Malah Jadi Jurnalis, Begini Perjalanan Karier Najwa Shihab Najwa Shihab. Instagram/@najwashihab ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Nama Najwa Shihab sudah tidak asing di telinga para penikmat berita. Wanita yang lahir pada 16 September 1977 ini dikenal masyarakat luas melalui kiprahnya sebagai pemandu acara Mata Najwa.

Sekarang, sosok Najwa Shihab telah menjadi idola dan sumber inspirasi bagi banyak orang di Indonesia. Sedangkan, karya-karya yang diciptakannya juga akan berguna bagi masyarakat Indonesia.

Tak banyak yang tahu bagaimana Najwa Shihab mengawali kariernya sebagai seorang jurnalis. Perjalanannya itu bermula dari akhir masa kuliahnya. Berikut kisah selengkapnya:

2 dari 4 halaman

Tak Sengaja

potret najwa shihab liburan di kampung halaman

©2022 Merdeka.com/Instagram Najwa Shihab

Baru-baru ini, Najwa Shihab membagikan kenangan awal mula ketika ia menjadi seorang jurnalis. Hal itu diungkapkan dalam video yang diunggah di kanal Youtube Rotivi.

Suatu hari, Najwa Shihab melihat sebuah lowongan magang di lembar majalah yang di bacanya. Lalu ia memutuskan untuk mendaftar lowongan tersebut dan masuk ke dunia penyiaran bersama stasiun TV RCTI.

"Sebenernya (jadi jurnalis) itu nggak sengaja," ungkap Najwa Shihab.

"Jadi lagi baca majalah gitu terus ada iklan 'dicari reporter magang'" tambahnya.

3 dari 4 halaman

Tunda Skripsi

Niat awal Najwa Shihab mendaftar lowongan magang tersebut adalah karena ia ingin menunda untuk mengambil skripsi di kampusnya. Hingga akhirnya waktu magangnya tersebut mengubah hidup dan perjalanan kariernya.

"Dan waktu itu lagi semester akhir, udah habis kuliahnya dan harusnya udah ngabil skripsi tapi kayak masih nyari-nyari alesan gitu buat nunda," kata Najwa Shihab.

"Terus lihat iklan itu, eh iseng nyoba daftar magang (di stasiun televisi). Terus aku belajar jurnalistik TV itu di situ. Yang bikin cinta sama jurnalistik itu ya 3 bulan magang di situ," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Bidang Hukum

Najwa Shihab mengaku sebelum melihat lowongan magang itu, ia berencana menjadi seorang ahli di bidang hukum.

"Yaudah 3 bulan magang di situ, udah deh mengubah segala rencana," ucapnya.

"Karena sempat kepikiran jadi hakim, sempat mau jadi jaksa," kenang Najwa Shihab.

[dem]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini