Momen Bangkitkan Kebhinekaan, Ini Kata Sultan HB X Terkait HUT RI ke-77

Sabtu, 13 Agustus 2022 14:38 Reporter : Shani Rasyid
Momen Bangkitkan Kebhinekaan, Ini Kata Sultan HB X Terkait HUT RI ke-77 Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Tak terasa sebentar lagi Republik Indonesia segera berusia 77 tahun. Terkait momentum bersejarah ini, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X berharap peringatan HUT RI tahun ini dapat menjadi momentum membangkitkan kebhinekaan bangsa Indonesia di tengah tantangan global.

“Bhineka Tunggal Ika jangan hanya dijadikan mitos, tapi hendaklah dijadikan etos bangsa untuk memperkokoh kebangsaan di tengah tarikan globalisasi budaya,” kata Sultan HB X, mengutip ANTARA pada Jumat (12/8). Berikut selengkapnya:

2 dari 3 halaman

Bangkit Bersama

sri sultan hamengkubuwono x
Merdeka.com

Sultan menilai peringatan 77 tahun proklamasi Indonesia dengan tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” mengandung makna bahwa kerja bersama merupakan syarat bangkit kembali dalam berbagai aspek setelah pandemi COVID-19. Kata “bersama” di sana juga dimaknai sebagai upaya lintas agama, etnik, dan golongan yang terakumulasi menjadi “The Energy of Indonesia”. Bagi Sultan, keberagaman sejatinya merupakan sebuah keniscayaan sekaligus sesuatu yang sepatutnya disyukuri.

“Saat kita membicarakan sebuah negara, maka keberagaman adalah sebuah keniscayaan yang sudah seharusnya kita hargai dan syukuri. Bangsa Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar dengan keniscayaan keberagaman,” kata Sultan.

3 dari 3 halaman

Kekuatan Dahsyat

001 ovan zaihnudin
©2016 Merdeka.com

Menurut Sultan, terdapat tiga aspek penting terkait dengan keberagaman Indonesia, yaitu bahasa, agama, dan kepercayaan. Ketiga aspek ini dapat semakin kokoh jika dilandasi dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu, bagi Sultan Indonesia bukanlah sekedar nama-nama atau gambar deretan pulau-pulau di peta dunia, melainkan sebuah kekuatan dahsyat yang disegani oleh bangsa-bangsa lain dengan penuh hormat.

“Inilah realitas kebhinekaan budaya-budaya kita, yang selain sebagai kekayaan, juga mengekspresikan Kemerdekaan Indonesia di bidang budaya,” pungkas Sultan HB X, mengutip dari ANTARA.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini