Meriah, Intip Keseruan Pelajar se-Indonesia Menyanyi Bareng di Borobudur

Rabu, 29 Juni 2022 13:33 Reporter : Shani Rasyid
Meriah, Intip Keseruan Pelajar se-Indonesia Menyanyi Bareng di Borobudur Keseruan Borobudur Student Festival 2022. ©YouTube/Ganjar Pranowo

Merdeka.com - Pada Senin (27/6), Borobudur Student Festival 2022 resmi dibuka oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Acara itu diikuti oleh ratusan siswa dari sembilan provinsi di Indonesia.
Acara itu diawali dengan karnaval dari Taman Lumbini Borobudur menuju ke SD Kanisius Borobudur. Di sekolah inilah para peserta sudah disambut oleh Ganjar.

Di sana mereka menyanyi dan menari bersama. Lantas bagaimana keseruan mereka? Berikut selengkapnya.

2 dari 5 halaman

Sambutan Ganjar Pranowo

keseruan borobudur student festival 2022

©YouTube/Ganjar Pranowo

Setibanya di halaman SD Kanisius Borobudur, Ganjar langsung menyapa tiap-tiap perwakilan sekolah. Dia sempat menyapa para peserta dari Maluku, Kalimantan Timur, dari Bali, dan juga wilayah-wilayah lainnya.


"Kamu dari Papua? Dari Aceh? Dari NTT? Sini-sini maju,” perintah Ganjar pada masing-masing perwakilan pelajar.

3 dari 5 halaman

Menyanyi dan Menari Bersama

keseruan borobudur student festival 2022

©YouTube/Ganjar Pranowo

Begitu perwakilan masing-masing pelajar sudah berada di depan, seorang pemain gitar dari NTT memainkan gitar dan menyanyikan lagu “Gemu Fa Mi Re”.

Mereka pun menyanyi dan menari bersama. Ganjar Pranowo tampak asyik ikut bergoyang bersama. Setelah tarian itu selesai, mereka lalu berfoto bersama.

“Kalau yang namanya festival budaya itu ya jangan kebanyakan sambutan. Perbanyak pertunjukan. Kayak rapat di kecamatan,” kata Ganjar di sela-sela sesi foto bersama itu.

4 dari 5 halaman

Masing-Masing Daerah Unjuk Gigi

keseruan borobudur student festival 2022
©YouTube/Ganjar Pranowo

Setelah tarian itu selesai, masing-masing pelajar dari perwakilan tiap daerah memperagakan ciri khas dari daerah masing-masing. Ada perwakilan dari Bali yang memperagakan tari kecak, ada perwakilan dari Aceh yang menyanyikan lagu Bungong Jeumpa, dan ada pula perwakilan dari Ambon yang memperagakan tarian cakalele.

“Tau nggak baru kita datang saja bajunya sudah luar biasa. Nenek moyang kita itu peradabannya tinggi. Tidak mungkin tinggi kalau tidak bisa buat bordiran seperti ini, tenunan seperti ini, batik, dan sebagainya dengan baju yang sangat indah. Kalau Bung Karno bilang bangsa Indonesia harus punya kepribadian dan kebudayaan,” kata Ganjar dikutip dari kanal YouTube-nya.

5 dari 5 halaman

Ganjar Pranowo Membuka Acara

keseruan borobudur student festival 2022
©YouTube/Ganjar Pranowo

Setelah memberi sambutan singkat itu, Ganjar Pranowo membuka acara Borobudur Student Festival 2022. Dia mengaku senang acara itu dapat dihadiri oleh para pelajar dari seluruh Indonesia.

“Mereka juga membawa seni budaya dari daerah masing-masing termasuk karya-karya yang inovatif sesuai dengan kapasitasnya sebagai pelajar. Tadi ada yang membuat masker arang, keramik, dan ada yang mengolah sampah,” kata Ganjar.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini