Mengungkap Sisi Lain Marsekal Hadi Tjahjanto, Pemimpin yang 'Mengabdi Untuk Rakyat'

Senin, 24 Januari 2022 09:39 Reporter : Shani Rasyid
Mengungkap Sisi Lain Marsekal Hadi Tjahjanto, Pemimpin yang 'Mengabdi Untuk Rakyat' Marsekal Hadi Tjahjanto. ©2017 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Marsekal Hadi Tjahjanto merupakan eks Panglima Tentara Nasional Indonesia antara tahun 2017 hingga 2021. Selama berkarier di TNI, telah banyak pencapaian yang ia raih.

Kendati demikian banyak sisi-sisi lainnya yang belum terungkap. Sisi lain itulah yang diungkap dalam buku “Mengabdi Untuk Rakyat” karya penulis Herik Kurniawan.

“Buku ini dibuat selama hampir setahun. Kenapa saya menulis buku ini? karena periode kepemimpinan Pak Hadi Tjahjanto sebagai Panglima itu banyak tantangan berbeda yang harus dihadapi,” kata Herik dikutip dari ANTARA pada Minggu (23/1).

Lantas apa saja tantangan yang harus dihadapi semasa periode kepemimpinan Marsekal Hadi? Berikut selengkapnya:

2 dari 4 halaman

Tantangan Marsekal Hadi

marsekal tni purn hadi tjahjanto
Instagram @hadi.tjahjanto

Dalam buku yang ia tulis, Herik menceritakan tantangan yang harus dihadapi Marsekal Hadi seperti membantu pengamanan pemilu serentak, pengamanan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON), serta menjaga kondusifitas selama pandemi COVID-19. Sebelum kemudian ia digantikan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Kita melihat kenyataannya bahwa Panglima menghadapi banyak persoalan yang dapat diselesaikan. Ini adalah contoh bagus dan saya pikir bisa menjadi inspirasi semua orang, bahwa bagaimana seorang pemimpin bisa bekerja dengan sepenuh hati,” kata Herik usai bedah buku di Bentara Budaya Yogyakarta, Minggu (23/01).

3 dari 4 halaman

Sisi Humanis Marsekal Hadi

marsekal hadi tjahjanto beri pesan pamungkas buat prajurit tniYoutube Puspen TNI

Dalam buku itu, Herik menulis sisi-sisi humanis yang dimiliki Marsekal Hadi. Ia mencontohkan sisi humanis itu dapat dilihat saat Marsekal Hadi turun langsung ke pasar-pasar untuk mengingatkan warga akan protokol kesehatan.

Herik mengatakan, selama pandemi Marsekal Hadi mengerahkan segala kemampuannya dan bergerak cepat mengatasi penyebaran COVID-19 di tanah air. Tak lupa dia juga bersinergi dengan lembaga lain untuk mengambil langkah-langkah strategis terkait penanganan dan pencegahan COVID-19.

“Saya pikir beliau bekerja dengan sangat luar biasa total, penuh keikhlasan, dan hasilnya tanpa kita perdebatkan juga sudah kelihatan. Bagaimana kita sekarang bisa keliling Indonesia dalam kondisi aman dan nyaman,” kata Herik.

4 dari 4 halaman

Belajar Kepemimpinan dari Sosok Marsekal Hadi

panglima marsekal hadi tjahjanto©2021 Istimewa

Sementara itu penyunting buku tersebut, Marsekal Pertama TNI Mukti Arja Berlian mengatakan buku “Mengabdi Untuk Rakyat” diperuntukkan pada generasi bangsa yang ingin belajar tentang bagaimana memimpin negara seperti yang dilakukan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

“Setiap orang pasti ada kekurangan dan kelebihan. Tidak ada manusia hebat. Semua hebat kalau kita belajar dari sosok pemimpin, salah satunya Pak Hadi ini,” ujar Mukti.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini