Mengenal Virus Nipah yang Perlu Diwaspadai, Ketahui Gejala dan Penularannya

Kamis, 28 Januari 2021 17:45 Reporter : Jevi Nugraha
Mengenal Virus Nipah yang Perlu Diwaspadai, Ketahui Gejala dan Penularannya Ilustrasi virus. ©Shutterstock.com/rosedesigns

Merdeka.com - Di tengah situasi pandemi COVID-19 yang belum usai, kini masyarakat dunia kembali khawatir dengan kemunculan virus Nipah. Meski infeksi virus Nipah belum pernah dilaporkan di Indonesia, namun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau semua pihak terkait agar mewaspadai potensi penyebaran virus Nipah ke Indonesia dari hewan ternak babi di Malaysia.

Virus Nipah (NiV) adalah virus zoonoisis yang dapat menular dari hewan seperti babi dan kelelawar ke manusia. Seperti mengutip dari Litbang Kementerian Pertanian, penyakit yang dibawa oleh kelelawar pemakan buah Pteropus sp ini muncul pertama kali di Malaysia pada 1998.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WFO), virus yang menyebabkan wabah respirasi pada babi dan kemudian menyerang manusia ini, tingkat kematiannya mencapai 75%. Pada orang yang terinfeksi, bisa menyebabkan berbagai penyakit dari infeksi asimtomatik (subklinis) hingga penyakit pernapasan akut dan ensefalitis yang fatal.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan virus Nipah dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya yang dilansir dari kanal World Health Organization:

Baca Selanjutnya: Mengenal Virus Nipah dan Gejalanya...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Virus
  3. Ragam
  4. Jateng
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini