Mengenal Rumah Adat Aceh, Ketahui Karakteristik dan Makna Filosofinya

Sabtu, 13 Maret 2021 12:42 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Mengenal Rumah Adat Aceh, Ketahui Karakteristik dan Makna Filosofinya Rumoh Aceh. ©2014 merdeka.com/afif

Merdeka.com - Seperti diketahui, Indonesia mempunyai berbagai macam kebudayaan yang berbeda-beda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Mulai dari bahasa, pakaian adat, tradisi, tarian, hingga makanan khas. Bukan hanya itu, rumah adat juga menjadi salah satu unsur keragaman budaya bagi masing-masing daerah yang sangat menarik untuk disimak.

Dalam hal ini, setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas rumah adat yang berbeda-beda. Hal ini tercermin dari model tampilan rumah, bentuk, hingga berbagai ornamen pada masing-masing rumah adat yang memiliki filosofi tersendiri. Sehingga dapat dikatakan bahwa, rumah adat menjadi salah satu arisan budaya yang menarik untuk dipelajari.

Salah satu rumah adat di Indonesia yang menarik dari segi bentuk dan karakteristiknya adalah rumah adat Aceh. Rumah adat Aceh yang sering disebut dengan Rumoh Aceh, merupakan salah satu budaya kebanggaan masyarakat Aceh. Rumah ini menggunakan model rumah panggung yang terbuat dari papan kayu sebagai bahan utama.

Rumah adat Aceh biasanya mempunyai lebar cukup luas dan memanjang. Bukan hanya itu, rumah adat Aceh juha memiliki ukiran yang khas dan perpaduan warna gelap dan terang yang cantik. Baik karakter ornamen maupun pilihan warna yang digunakan dalam rumah adat Aceh ini pun mempunyai makna filosofis yang menarik untuk disimak.

Dilansir dari laman Kemdikbud.go.id, berikut kami merangkum berbagai hal mengenai rumah adat Aceh yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Makna di Balik Rumah Adat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini