Mengenal Raden Sosrokartono, Kakak RA Kartini yang Dijuluki “Si Jenius dari Timur”

Kamis, 14 Januari 2021 12:04 Reporter : Shani Rasyid
Mengenal Raden Sosrokartono, Kakak RA Kartini yang Dijuluki “Si Jenius dari Timur” R.M Panji Sosrokartono. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - RA Kartini merupakan salah satu tokoh emansipasi Indonesia asal Jepara, Jawa Tengah. Di balik nama besarnya, ada sosok sang kakak, yang disebutnya sebagai satu-satunya orang yang menaruh simpati terhadap gagasan-gagasannya. Dia adalah Raden Mas Panji Sosrokartono.

Raden Sosrokartono bukan orang yang main-main. Dia merupakan mahasiswa Indonesia pertama yang bersekolah di negeri Belanda.
Tak sekadar sekolah, selama tinggal di Eropa, dia pernah menjadi wartawan perang untuk koran The New York Herald Tribune dan meliput salah satu peristiwa penting dalam Perang Dunia I. Tak hanya itu, dia pernah bekerja sebagai penerjemah di Liga Bangsa-Bangsa (sekarang PBB) pada periode 1919-1921.

Pekerjaannya itu diperoleh tak lepas karena kemampuannya menguasai lebih dari 35 bahasa. Karena kecerdasannya ini, orang-orang Eropa menjulukinya “Si Jenius dari Timur”. Lalu bagaimana kisah hidup kakak RA Kartini ini selama melanglang buana di Eropa?

Baca Selanjutnya: Mahasiswa Indonesia Pertama di Belanda...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini