Mengenal Penyakit Jantung Bawaan, Ketahui Gejala dan Cara Mencegahnya

Kamis, 10 Juni 2021 14:49 Reporter : Jevi Nugraha
Mengenal Penyakit Jantung Bawaan, Ketahui Gejala dan Cara Mencegahnya Ilustrasi penyakit jantung. ©Shutterstock.com/woaiss

Merdeka.com - Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) penyakit jantung menyebabkan kematian terbesar di Indonesia. Tingkat kematian akibat penyakit jantung pada 2016 mencapai 122 orang per 100.000 populasi.

Melansir dari Healthline, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) penyakit jantung menyebabkan kematian terbesar di Indonesia. Tingkat kematian akibat penyakit jantung pada 2016 mencapai 122 orang per 100.000 populasi.

Sakit jantung bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Seseorang yang mengalami penyakit jantung biasanya mengalami rasa nyeri di bagian dada dan menjalar ke bahu atau leher. Ada berbagai macam penyebab penyakit jantung, mulai dari gaya hidup tidak sehat hingga penyakit jantung sejak lahir atau bawaan.

Penyakit jantung bawaan atau congenital heart disease adalah kelainan pada struktur dan fungsi jantung yang sudah ada sejak lahir. Biasanya, kondisi ini akan mengganggu aliran darah dari dan ke jantung, sehingga bisa berakibat fatal. Lebih jelasnya, berikut ulasan mengenai penyakit jantung bawaan yang merdeka.com lansir dari Medical News Today:

Baca Selanjutnya: Mengenal Jenis Penyakit Jantung Bawaan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini