Manfaat Kumis Kucing bagi Kesehatan, Menurunkan Kadar Gula Darah hingga Cegah Kanker

Minggu, 9 Mei 2021 16:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Manfaat Kumis Kucing bagi Kesehatan, Menurunkan Kadar Gula Darah hingga Cegah Kanker ilustrasi daun kumis kucing. pixabay.com

Merdeka.com - Bagi masyarakat Indonesia, tentu sudah tidak asing dengan tanaman yang disebut kumis kucing. Kumis kucing merupakan tanaman obat yang banyak tumbuh di Indonesia. Selain di Indonesia, tanaman yang termasuk keluarga mint ini juga tumbuh di negara-negara Asia Tenggara dan di wilayah tropis Australia.

Sesuai dengan namanya, tanaman kumis kucing mempunyai bentuk bulu yang menyerupai kumis kucing. Bulu yang tumbuh tipis dan panjang ini tidak lain adalah benang sari dari tanaman kumis kucing. Panjang benang sari ini pun melebihi bibir bunga bagian atas, sehingga tumbuh tegak mirip dengan kumis binatang kucing.

Sebagai salah satu jenis tanaman obat, tidak heran jika kumis kucing sering kali diolah menjadi ramuan herbal. Dalam hal ini, terdapat beberapa penelitian yang menemukan berbagai manfaat kumis kucing bagi kesehatan. Ramuan yang terbuat dari tanaman kumis kucing diketahui dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara efektif.

Bukan hanya itu, manfaat kumis kucing bagi kesehatan ini juga berguna untuk menurunkan tekanan darah, membantu mengurangi infeksi saluran kemih dan ginjal, hingga melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Beberapa manfaat kumis kucing bagi kesehatan ini tidak lain didapatkan dari berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya.

Dilansir dari situs Nature Ceuticals, berikut kami merangkum berbagai manfaat kumis kucing bagi kesehatan yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Menurukan Kadar Gula Darah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini