Manfaat Keanekaragaman Hayati bagi Kehidupan, Bantu Jaga Stabilitas Iklim Bumi

Senin, 31 Agustus 2020 20:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Manfaat Keanekaragaman Hayati bagi Kehidupan, Bantu Jaga Stabilitas Iklim Bumi Ilustrasi hutan. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Aleksander Bolbot

Merdeka.com - Keanekaragaman hayati atau biodiversitas dapat dikatakan sebagai suatu sistem penting dalam kehidupan. Keanekaragaman hayati ini meliputi berbagai jenis kehidupan yang ada di bumi secara keseluruhan yang saling bergantung satu sama lain. Masing-masing di antaranya mempunyai peranan tersendiri dalam menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Jika diperhatikan, kita akan menemui banyak sekali jenis kehidupan yang ada di bumi. Seperti berbagai jenis spesies tumbuhan, hewan, hingga mikroorganisme yang dapat hidup saling berdampingan.

Berbagai spesies makhluk hidup ini tinggal di suatu ekosistem atau lingkungan yang berbeda-beda. Mulai dari lingkungan hutan, gurun, hingga laut. Masing-masing lingkungan memiliki karakteristik tersendiri yang semakin menambah keanekaragaman hayati yang ada di bumi.

Masing-masing spesies makhluk hidup serta berbagai unsur yang mendukung dalam keanekaragaman hayati perlu dijaga dan dilestarikan dengan baik. Hal ini tidak lain bertujuan untuk menjaga keseimbangan alam dan mencegah terjadinya kepunahan. Jika salah satu spesies atau unsur lain mengalami kepunahan atau kerusakan, maka akan berdampak pada kelangsungan hidup dari makhluk hidup lainnya.

Dengan menjaganya tetap utuh dan lestari, maka akan didapatkan berbagai macam manfaat keanekaragaman hayati bagi setiap makhluk yang ada di dalamnya. Dilansir dari situs Global Issues, berikut kami telah merangkum beberapa manfaat keanekaragaman hayati yang bisa didapatkan jika kelestariannya dijaga dengan baik:

Baca Selanjutnya: Pengertian Keanekaragaman Hayati...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini