Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur, Ketahui Manfaatnya

Selasa, 9 Agustus 2022 15:50 Reporter : Ayu Isti
Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur, Ketahui Manfaatnya ilustrasi tidur. pexels

Merdeka.com - Tidur merupakan salah satu kebutuhan tubuh yang perlu dipenuhi. Mendapatkan tidur yang cukup, dapat membantu tubuh rileks dan beristirahat setelah beraktivitas seharian. Selain itu, tidur juga membantu Anda mendapatkan kembali energi secara penuh untuk melakukan kegiatan di keesokan harinya.

Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mencukupi kebutuhan tidur dengan baik. Bukan hanya durasi atau jumlah jam tidur yang cukup, tetapi Anda juga perlu mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas adalah di mana Anda dapat tidur dengan nyenyak dan bangun dengan tubuh yang terasa sehat dan segar.

Untuk mendapatkan tidur berkualitas bisa dengan berbagai macam cara. Seperti membersihkan kamar tidur, melakukan peregangan tubuh sebelum tidur, hingga latihan napas atau meditasi agar bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat sebelum tidur.

Terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Mulai dari kacang almond, teh chamomile, kiwi, ikan berlemak, teh bunga gairah. Berbagai jenis makanan dan minuman ini memiliki kandungan tertentu yang dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik setiap hari.

Bagi Anda yang kesulitan tidur, beberapa makanan dan minuman berikut bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Dilansir dari Healhtline, berikut kami merangkum informasinya untuk Anda.

2 dari 3 halaman

Makanan dan Minuman Sebelum Tidur: Kacang Almond, Teh Chamomile, Kiwi

  • Kacang Almond

Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi sebelum tidur yang pertama adalah kacang almond. Almond adalah jenis kacang pohon yang mempunyai beragam nutrisi baik. Mulai dari fosfor, mangan, hingga riboflavin. Selain itu, almond juga kaya akan serat dan antioksidan tinggi yang dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Selain itu, kacang almond juga merupakan sumber hormon melatonin. Melatonin adalah hormon yang mengatur jam internal Anda dan memberi sinyal pada tubuh untuk bersiap tidu. Karena alasan inilah, kacang almond dikatakan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik. Bukan hanya itu, kandungan magnesium yang terdapat pada almond juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi penderita insomnia.

  • Teh Chamomile

Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi sebelum tidur berikutnya adalah teh chamomile. Teh chamomile adalah teh herbal populer yang terkenal dengan kandungan flavonnya. Flavon adalah jenis antioksidan yang dapat mengurangi peradangan penyebab menyebabkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Ada juga beberapa bukti bahwa minum teh chamomile dapat meningkatkan sistem kekebalan, mengurangi kecemasan dan depresi, serta dapat meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, teh chamomile memiliki beberapa sifat unik yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

Secara khusus, teh chamomile mengandung apigenin. Antioksidan ini mengikat reseptor tertentu di otak yang dapat menyebabkan kantuk dan mengurangi insomnia. Studi menemukan bahwa mereka yang minum teh chamomile juga memiliki lebih sedikit gejala depresi, yang umumnya dikaitkan dengan masalah tidur.

  • Kiwi

Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi sebelum tidur selanjutnya adalah buah kiwi. Buah kiwi mempunyai beragam nutrisi yang berguna bagi tubuh. Mulai dari mineral, kalori, vitamin C, folat, hingga potasium. Selain itu, kiwi juga memiliki kandungan serat dan antioksidan karotenoid yang dapat mengatasi masalah pencernaan, mengurangi peradangan, hingga menurunkan kolesterol.

Bukan hanya itu, buah kiwi sangat baik dikonsumsi sebelum tidur karena kemampuannya yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Dalam penelitian selama 4 minggu, 24 orang dewasa mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur setiap malam. Di akhir penelitian, peserta tertidur 42% lebih cepat daripada ketika mereka tidak makan apa pun sebelum tidur. Selain itu, kemampuan mereka untuk tidur sepanjang malam tanpa bangun meningkat sebesar 5%, sementara total waktu tidur mereka meningkat sebesar 13 %

3 dari 3 halaman

Makanan dan Minuman Sebelum Tidur: Ikan Berlemak Kacang Kenari, Teh Bunga Gairah

  • Ikan Berlemak

Ikan berlemak juga termasuk salah satu jenis makanan dan minuman yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Ikan berlemak, seperti salmon, tuna, trout, dan mackerel adalah jenis ikan yang kaya akan nutrisi vitamin D dan asam lemak omega 3. Kandungan ini dapat berguna untuk mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan otak, dan melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Selain itu, kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan berlemak berpotensi meningkatkan kualitas tidur, karena keduanya terbukti meningkatkan produksi serotonin. Dalam sebuah penelitian, pria yang makan 10,5 ons (300 gram) salmon Atlantik tiga kali seminggu selama 6 bulan tertidur sekitar 10 menit lebih cepat daripada pria yang makan ayam, sapi, atau babi.

Efek ini dianggap sebagai hasil dari vitamin D. Mereka yang berada dalam kelompok ikan memiliki kadar vitamin D yang lebih tinggi, yang dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur yang signifikan.

  • Kacang Kenari

Kacang kenari juga bisa menjadi pilihan makanan dan minuman yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Kacang kenari menyediakan lebih dari 19 vitamin dan mineral, termasuk di antaranya magnesium, fosfor, mangan, dan tembaga. Selain itu, kenari adalah sumber lemak sehat, karena mengandung asam lemak omega-3 dan asam linoleat di dalamnya.

Berbagai kandungan ini dapat membantu tubuh lebih sehat, bahkan dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi yang menyebabkan penyakit jantung. Bukan hanya itu, para peneliti juga mengklaim bahwa makan kenari dapat meningkatkan kualitas tidur, karena memiliki sumber melatonin terbaik.

Susunan asam lemak kenari juga dapat berkontribusi untuk tidur yang lebih baik. Di mana kacang kenari menyediakan asam alfa-linolenat (ALA), asam lemak omega-3 yang diubah menjadi DHA dalam tubuh. DHA dapat meningkatkan produksi serotonin.

  • Teh Bunga Gairah

Pilihan makanan dan minuman yang baik dikonsumsi sebelum tidur yang terakhir namun tak kalah efektif adalah teh bunga gairah. Teh bunga gairah atau passion flower tea, adalah teh herbal yang telah digunakan secara tradisional untuk mengobati sejumlah penyakit.

Ini adalah sumber yang kaya antioksidan flavonoid. Antioksidan flavonoid dikenal karena perannya dalam mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, teh bunga gairah telah diteliti dapat mengurangi keemasan. Manfaat ini didapat dari kandungan apigenin yang dapat menghasilkan efek menenangkan dengan mengikat reseptor tertentu di otak.

Sifat menenangkan dari teh bunga gairah juga dapat menyebabkan kantuk, sangat baik dikonsumsi sebelum tidur. Terutama jika Anda sering mengalami masalah tidur, seperti insomnia, minum teh bunga gairah bisa menjadi alternatif pengobatan untuk mengatasi masalah tersebut.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini