7 Potret Lelah Tenaga Medis Usai Tangani Pasien Corona

Rabu, 25 Maret 2020 18:00 Reporter : Denny Marhendri
7 Potret Lelah Tenaga Medis Usai Tangani Pasien Corona truk militer italia angkut jenazah korban corona. ©2020 REUTERS/Flavio Lo Scalzo

Merdeka.com - Melihat dari kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah di berbagai negara di dunia, persebaran virus corona masih belum memperlihatkan kurva yang menurun. Inggris pun juga sudah melakukan ketentuan lockdown untuk mencegah persebaran virus corona. Alat medis untuk mencegah virus corona di berbagai negara di dunia juga mengalami kelangkaan.

Alat medis tersebut merupakan Alat Pelindung Diri (APD), peralatan yang seharusnya digunakan oleh tenaga medis yang berada di rumah sakit. APD juga wajib digunakan untuk merawat pasien dengan kasus virus corona. Mengingat tenaga medis adalah pejuang garda depan untuk menghadapi kasus virus corona ini.

Perjuangan tenaga medis untuk merawat dan berhadapan dengan pasien dengan kasus virus corona memang sangat berat. Terlihat beberapa tenaga medis yang kelelahan hingga kehilangan nyawa saat menghadapi kasus virus corona ini.

Berikut potret tenaga medis yang kelelahan saat menghadapi pasien Covid-19. APD yang dipakai terlalu lama membekas pada wajah mereka.

1 dari 7 halaman

1.

potret tenaga medis

Twitter.com/qaisernawab098

Dalam foto di atas, penggunaan masker yang terlalu lama terlihat membekas di wajah seorang petugas medis. Rasa lelah usai menghadapi pasien corona tampak jelas terlihat.

2 dari 7 halaman

potret tenaga medis

vFacebook.com/ilnicos

Dalam foto yang diunggahnya, petugas kesehatan ini mengaku tidak sering melakukan swafoto. Tetapi dengan kondisinya yang seperti ini Ia justru mengambil foto diri dengan muka lelah dengan masker yang membekas.

3 dari 7 halaman

potret tenaga medis

Facebook.com/Lisa Miller Delport

Kehabisan alat perlindungan diri. Dokter ini memakai kantong plastik sedemikian rupa untuk melindungi dirinya. Terlihat wajah lelah dibalik plastik bening yang Ia pakai.

4 dari 7 halaman

potret tenaga medis

Twitter.com/PDChina

Terlalu lama menggunakan masker dan pelindung mata, seorang perawat menunjukkan bekas luka yang ditimbulkannya. Terdapat plaster yang digunakan untuk menutupi luka bekas pemakaian APD yang terlalu lama.

5 dari 7 halaman

potret tenaga medis

Twitter.com/PDChina

Foto di atas juga menunjukkan luka yang ditimbulkan dari penggunaan alat perlindungan diri terlalu lama. Di bawah terlihat garis masker yang membekas.

6 dari 7 halaman

potret tenaga medis

Twitter.com/PDChina

Membludaknya jumlah pasien positif Corona membuat jam kerja para petugas medis diperpanjang. Hal tersebut tentu membuat mereka harus memakai APD lebih lama.

7 dari 7 halaman

potret tenaga medis

Twitter.com/PDChina

Rasa letih dan lelah rupanya sudah tidak dihiraukan para petugas medis. Sebagai garda depan, petugas medis melakukan semampu yang mereka lakukan untuk menyelamatkan para pasien positif corona.

[dem]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Virus Corona
  3. Covid 19
  4. Lelah
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini