KPK Lakukan OTT Terhadap Bupati Pemalang, Begini Reaksi Ganjar Pranowo

Jumat, 12 Agustus 2022 11:10 Reporter : Shani Rasyid
KPK Lakukan OTT Terhadap Bupati Pemalang, Begini Reaksi Ganjar Pranowo Ilustrasi Korupsi. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Pada Kamis (11/8) sore, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo. Penangkapan itu dilakukan terkait dugaan suap pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang.

Operasi ini mendapat perhatian berbagai pihak, termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang secara struktural langsung merupakan atasan dari Mukti Agung. Ia menegaskan kalau aksi OTT itu menjadi peringatan bagi kepala daerah agar menghentikan semua bentuk tindak pidana korupsi.

“Saya sebenarnya sudah mengingatkan berkali-kali kepada kawan-kawan dan tentu saja saya akan menunggu perkembangan yang ada,” terang Ganjar dikutip dari ANTARA pada Kamis (11/8). Berikut selengkapnya:

2 dari 4 halaman

Sudah Terlalu Sering

gubernur jawa tengah ganjar pranowo

©2022 Merdeka.com

Menurut Ganjar, komunikasi dalam rangka memperingatkan kepala daerah di Provinsi Jateng agar tidak korupsi sudah ia lakukan secara intens. Apalagi Pemprov Jateng sudah lama bekerja sama dengan KPK dalam pencegahan korupsi.

“Saya selalu mengingatkan karena sebenarnya kerja sama kami dengan para penegak hukum di antaranya juga dari KPK itu sudah terlalu sering,” kata Ganjar.
Bahkan tak hanya memberi sosialisasi dan edukasi soal pemberantasan korupsi, Ganjar mengatakan pihaknya juga sering memberi kode-kode peringatan yang harus diperhatikan kepala daerah. Dalam hal ini, ia menekankan kontrol diri pada individu tiap kepala daerah.

3 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Tidak Menduga

011 hikmah wilda amalia

©2015 Merdeka.com

Ganjar mengatakan, Kabupaten Pemalang saat ini sedang dalam pendampingan Pemprov Jateng terkait penunjukan sekretaris daerah yang baru. Sekretaris daerah yang lama sendiri mengundurkan diri karena terlibat dalam kasus korupsi dan sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian.

“Kami kemarin lagi mendampingi di sana dari masalah yang dihadapi sekdanya. Maka kemudian kami coba intens, saya tidak tahu kalau akan terjadi hal ini,” kata Ganjar. Ganjar mengaku, belum mengetahui informasi lengkap terkait OTT terhadap Mukti Agung Wibowo.

4 dari 4 halaman

Peringatan Ganjar Pranowo

gubernur jawa tengah ganjar pranowo

©2022 Merdeka.com

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo terjerat OTT KPK di Gedung DPR, Jakarta, pada Kamis malam (11/8). Selain itu, KPK juga mengamankan puluhan orang lainnya, namun belum mengumumkan secara resmi status hukum para pihak yang ditangkap dalam OTT tersebut.

“Ini peringatan untuk semuanya. Sudahlah hentikan kejahatan model seperti itu. Saya tidak tahu mungkin di antara mereka juga berkomunikasi urusan bisnis, yang lari pada kebijakan dan sudah terlalu banyak sih beberapa kasus kan muncul umpama mengajukan usulan, didampingi, mendapatkan fee, yang seperti itu biasanya potensi korupsi,” pungkas Ganjar.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini