Job Desk adalah Memimpin Perusahaan, Ketahui Peran dan Tugasnya

Selasa, 9 Agustus 2022 15:15 Reporter : Jevi Nugraha
Job Desk adalah Memimpin Perusahaan, Ketahui Peran dan Tugasnya Ilustrasi bisnis. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/EDHAR

Merdeka.com - Job desk CEO adalah memimpin dan bertanggung jawab menjaga kestabilan perusahaan. CEO merupakan jabatan tertinggi di suatu perusahaan yang memiliki peran vital bagi kelangsungan bisnis yang dikerjakan.

Seorang CEO bisa dikatakan sebagai pihak yang menentukan kesuksesan bisnis atau perusahaan. Di mana CEO berperan penting untuk membuat keputusan yang menentukan setiap langkah dan kebijakan perusahaan.

Job desk CEO adalah meliputi berbagai tanggung jawab primer, seperti membuat keputusan, memanajemen semua sumber daya, dan menjadi jembatan komunikasi antara jajaran direktur dan pihak operasional. Maka dari itu, seorang CEO penting untuk mengetahui job desk beserta tugas-tugasnya.

Lantas, apa saja job desk CEO? Simak ulasannya yang merdeka.com lansir dari Liputan6 dan sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

Apa Itu CEO?

ilustrasi rapat karyawan
©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Odua Images

CEO adalah Chief Executive Officer atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pejabat eksekutif tertinggi yang memiliki peranan tertinggi dalam sebuah perusahaan. Seseorang yang ditunjuk sebagai CEO dapat menentukan arah strategis bagi perusahaan, serta memiliki kewenangan penuh untuk mengelola, memimpin, dan melakukan berbagai langkah untuk memastikan keberhasilan perusahaan.

Dilansir dari Investopedia, CEO adalah manajer yang memiliki peringkat tertinggi dalam membuat keputusan di organisasinya. Di mana seorang CEO bertanggung jawab penuh dalam mengatur langkah-langkah kongkret secara keseluruhan di suatu organisasi.

Di samping itu, CEO juga memiliki tugas-tugas penting yang meliputi seluruh kegiatan organisasi, mulai pembentukan visi dan misi, menentukan manajemen secara menyeluruh, dan menentukan strategi. Sehingga bisa dikatakan bahwa seorang CEO memiliki tanggung jawab besar bagi organisasi atau perusahaan.

3 dari 3 halaman

Job Desk CEO

ilustrasi bisnis
gladwinlegal.com.au

Sebagaimana kita tahu, seorang CEO memiliki peranan penting dan bertanggung jawab penuh terhadap jalannya perusahaan. Seorang CEO dituntut untuk bisa menentukan arah serta kebijakan yang akan diambil perusahaan. Sehingga keberhasilan dan kegagalan suatu perusahaan juga sangat bergantung oleh kebijakan yang ditentukan CEO. Adapun job desk CEO adalah:

Merencanakan Tujuan

Setiap perusahaan dituntut untuk selalu menentukan tujuan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh karena itu, CEO juga berperan penting untuk membuat perencanaan dalam mencapai tujuan bagi perusahaan. Selain itu, CEO juga harus aktif mengevaluasi serta mengawasi kinerja yang dilakukan bawahannya sehingga tujuan yang ingin dicapai bisa terwujud.

Membentuk Tim yang Solid

Job desk CEO selanjutnya adalah membentuk tim yang solid. Memiliki tim solid akan sangat berpengaruh pada keberhasilan suatu perusahaan, sehingga sebagai CEO harus mampu menjadi jembatan antara karyawan dengan dewan direksi dalam perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat berjalan sesuai visi dan misi yang telah ditentukan.

Merencanakan Anggaran Belanja

Job desk CEO berperan penting dalam rencana investasi finansial suatu perusahaan, di mana CEO memegang kendali distribusi anggaran belanja suatu proyek agar tepat sasaran. Dengan begitu, CEO dapat bertanggung jawab penuh terhadap keuntungan perusahaan di masa mendatang.

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Selain membangun citra positif, job desk CEO juga dituntut mampu untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif. Pasalnya, suasana kerja yang positif juga menunjang keberhasilan dalam mencapai visi misi perusahaan. Dengan begitu, pekerja atau karyawan dapat menjalankan pekerjaannya dengan suasana nyaman dan produktif.

Membangun Citra Positif

CEO juga berperan untuk mewakili perusahaan di dalam setiap kesempatan, sehingga citra perusahaan yang ingin ditampilkan juga bergantung pada CEO. Bisa dikatakan bahwa seorang CEO adalah wajah dari perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, CEO memiliki peran untuk selalu membangun citra yang positif.

Tugas dan Fungsi CEO

CEO juga memiliki tugas-tugas penting yang meliputi seluruh kegiatan organisasi, mulai pembentukan visi dan misi, menentukan manajemen secara menyeluruh, dan menentukan strategi. Sehingga bisa dikatakan bahwa seorang CEO memiliki tanggung jawab besar bagi organisasi atau perusahaan. Adapun fungsi serta tugas CEO di antaranya sebagai berikut:

1. Membuat perencanaan dan strategi bisnis

2. Melakukan analisis terhadap semua proses yang ada di perusahaan

3. Merencanakan serta mengelola seluruh sumber daya manusia yang terkait dengan perusahaan

4. Mengelola serta menganalisis manajemen risiko yang akan dihadapi perusahaan saat membuat sesuatu kebijakan atau keputusan

5. Menjalankan atau menyetujui semua anggaran tahunan yang telah menjadi kesepakatan bersama

6. Memimpin perusahaan dengan sebaik-baiknya, memperhatikan dan memiliki sikap kepedulian yang tinggi terhadap seluruh pekerja atau bawahan

7. Melakukan evaluasi serta pengawasan terhadap karyawan atau bawahan

8. Membangun citra positif untuk perusahaan

9. Menjaga keunggulan produk perusahaan

10. Melakukan pemantauan terhadap pekerjaan yang dilakukan seluruh pekerja atau karyawan

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini