Jawab Keresahan Anak Muda, Ganjar Pranowo Optimis Capai Indonesia Emas 2045

Kamis, 1 Desember 2022 10:08 Reporter : Shani Rasyid
Jawab Keresahan Anak Muda, Ganjar Pranowo Optimis Capai Indonesia Emas 2045 Ganjar Pranowo isi seminar tentang anak muda. ©jatengprov.go.id

Merdeka.com - Pada Rabu (30/11), Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengisi seminar di Ritz Carlton Hotel, SCBD, Jakarta Selatan. Dalam acara bertajuk “Wealth Wisdom, Mindfully Recover” itu, ia mengisi acara bersama Wagub Jatim, Emil Dardak. Keduanya berbagi pengalaman serta tips menerapkan gaya kepemimpinan.

Di sela seminar itu, para peserta yang didominasi anak muda melempar pertanyaan dengan beragam isu ke Ganjar. Mulai dari hal remeh seperti negara mana yang didukung dalam Piala Dunia, hingga pertanyaan mengenai keresahan mereka sebagai anak muda.

“Saya melihat kerisauan anak muda saja. Masa depannya seperti apa. Mereka berharap ada leader-leader dari beberapa daerah yang menginspirasi itu bisa memberikan solusi,” kata Ganjar, dikutip dari Jatengprov.go.id.

Lalu apa saja yang disampaikan Ganjar Pranowo dalam acara tersebut? Berikut selengkapnya:

2 dari 3 halaman

Hanya Butuh Perhatian

ganjar pranowo isi seminar tentang anak muda
©jatengprov.go.id

Ganjar mengatakan bahwa keresahan yang mereka utarakan sebenarnya hanya dibutuhkan perhatian. Selain itu, mereka butuh akses pendampingan agar bisa berkembang.

Bagi Ganjar, hal ini menjadi tantangan bagi para pemimpin. Selain mengasah kepekaan, diharapkan pemimpin saat ini mampu menelurkan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan anak muda.

“Eh dunia ini sudah berubah lho. Maka cara membuat program dan memfasilitasi pun harus menyesuaikan kepada mereka,” kata Ganjar.

3 dari 3 halaman

Harus Ada Literasi Politik

ganjar pranowo isi seminar tentang anak muda
©jatengprov.go.id

Ganjar mengatakan, para pemangku kebijakan dan juga pemerintah sekarang harus mau mendengar keresahan anak muda. Kebijakan yang dibuat pun juga harus memperhatikan ide-ide yang disampaikan anak muda.

Di samping itu, anak muda zaman sekarang juga harus diberikan literasi politik. Hal ini bertujuan agar mereka tidak terjebak polarisasi. Dengan sumber daya anak muda yang berkarakter kuat dan inovatif, Ganjar optimis Indonesia bisa menyongsong masa Emas 2045 dengan baik.

“Mereka hanya butuh ruang dan kesempatan kok. Kalau mereka kita berikan itu, dia lari kenceng. Maka 2045 kelak akan muncul anak muda dengan enterpreneur yang spiritnya hebat. Kemauannya tinggi dan selalu inovatif. Pasti karena zamannya sudah berubah,” pungkas Ganjar.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini