Inspiratif, Ini Kisah Penyintas COVID-19 di Semarang Donorkan Plasma Konvalesen

Sabtu, 2 Januari 2021 11:05 Reporter : Shani Rasyid
Inspiratif, Ini Kisah Penyintas COVID-19 di Semarang Donorkan Plasma Konvalesen Terapi plasma konvalesen. ©2020 Merdeka.com/freepik

Merdeka.com - Di tengah harapan masyarakat akan datangnya vaksin, sebenarnya ada satu lagi cara ampuh yang bisa membuat seseorang tak mempan terkena Virus Corona, yaitu dengan memberikan plasma konvalesen. Bahkan menurut Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, cara ini sebenarnya lebih ampuh dibandingkan dengan pemberian vaksin.

Berbeda dengan vaksin, plasma konvalesen hanya bisa diberikan oleh orang yang sudah pernah terkena COVID-19 yang otomatis membuat mereka mempunyai antibodi. Antibodi inilah yang disimpan di dalam plasma konvalesen. Plasma ini juga bisa didonorkan kepada pasien yang terkena COVID-19 agar dia bisa memiliki antibodi untuk melawan virus serupa.

Berbekal penjelasan itu, seorang warga Semarang yang juga merupakan Kepala Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4, Muhamad Nurul Huda Dwi Santoso, tergugah hatinya membantu sesama dengan mendonorkan plasma konvalesen miliknya.

Dengan mendonorkan plasmanya, Nurul Huda berusaha mengambil hikmah atas musibah yang pernah menimpa dirinya. Berikut selengkapnya:

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Baca Selanjutnya: Alasan Ingin Mendonorkan Plasma Darah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini