Inspiratif, Begini Kisah Santri Nakal yang Akhirnya Jadi Kyai dengan Ribuan Santri

Kamis, 22 Oktober 2020 11:50 Reporter : Shani Rasyid
Inspiratif, Begini Kisah Santri Nakal yang Akhirnya Jadi Kyai dengan Ribuan Santri Pondok Pesantren di Cilacap. ©2020 liputan6.com

Merdeka.com - Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Indonesia yang mayoritasnya pemeluk agama Islam, tentu sudah tak asing dengan istilah, santri. Bahkan, dalam sejarah perjuangan kemerdekaan, santri turut berperan.

Di balik itu, ada banyak kisah-kisah unik yang melingkupi kehidupan sehari-hari para santri. Sebagai seorang santri, mereka hidup di tempat yang dijuluki "penjara suci" untuk fokus menyerap ilmu agama. Karena itu, mereka memiliki akses terbatas terhadap dunia luar.

Banyak orang tua mengirimkan anaknya yang 'nakal' ke pesantren, dengan harapan kepribadian mereka berubah. Karena fenomena itu, muncul stigma di masyarakat, kalau pesantren menjadi tempat 'pelarian' anak-anak nakal.

Di pesantren, ada pemuka agama atau kiai yang bertindak seperti guru. Tentu, mereka sudah berpengalaman dalam mendidik santri mereka. Mulai dari santri yang taat hingga nakal sekalipun. Ternyata, para kiai ini punya trik jitu dalam mendidik santri mereka, salah satunya Kiai Haji Ahmad Umar Abdul Manan yang menjadi pengasuh Pondok Pesantren Al-Muayyad, Solo.

Tak tanggung-tanggung, salah satu santrinya yang dulu disebut paling nakal, kini menjadi seorang kiai muda yang disegani dengan ribuan santri. Siapa dia dan bagaimana kisahnya? Berikut selengkapnya:

Baca Selanjutnya: Kisah Santri Nakal...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini