Ian Kasela Kenang Kesuksesan Radja, Blak-blakan Honor Manggung hingga Strategi Bisnis

Kamis, 25 November 2021 10:45 Reporter : Denny Marhendri
Ian Kasela Kenang Kesuksesan Radja, Blak-blakan Honor Manggung hingga Strategi Bisnis Ian Kasela. Instagram/@iankaselaradja ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Nama Ian Kasela tentunya sudah tidak asing di industri hiburan Tanah Air. Pemilik nama lengkap Iandika Mulya Ramadhan ini merupakan musisi dan vokalis band Radja sejak 2001 silam.

Puncak karier bersama Radja dialaminya pada tahun 2004 hingga 2006. Di era itu, penjualan album Radja bisa sampai jutaan kopi.

Peningkatan tidak terjadi di penjualan album saja, namun honor manggung juga. Baru-baru ini, Ian Kasela menceritakan masa-masa kesuksesan band Radja tersebut.

2 dari 4 halaman

Seminggu 5 Kali

ian kasela
©2020 Merdeka.com /Instagram iankaselaradja

Hal itu diungkapkan oleh Ian Kasela dalam video perbincangannya yang diunggah di kanal Youtube Prost TV beberapa hari lalu. Dalam kesempatannya tersebut, ia berbagi kenangannya bersama Radja.

Di puncak kesuksesannya, Radja sering manggung sebanyak lima kali dalam seminggu. Namun, kenyataannya Radja menerima tawaran manggung bisa lebih dari itu.

"Seminggu lima kali ada. Kalau mengikuti permintaan bisa lebih," ungkap Ian Kasela.

"Tapi kita kan memperhatikan jarak dan kondisi kita juga," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Strategi Bisnis

Salah satu strategi bisnis yang diterapkan oleh adik dari Moldy ini adalah menaikkan honor manggung. Ternyata cara itu berhasil dan tidak ada pihak yang memprotesnya.

"Masih 35 (juta) kalau nggak salah. 2004 sampai 2005, tapi setelah itu beberapa bulan naik tiga kali lipat," kata Ian Kasela.

"Gue sih sebenernya mencoba, mereka (yang mengundang) oke nggak, eh ternyata oke. Yaudah gue tahan di situ terus," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Lebih Besar dari Peterpan

Lebih lanjut, Ian Kasela menceritakan fakta yang tidak diketahui banyak orang. Di saat itu, honor Radja pernah lebih besar dari salah satu band tersohor tanah air yaitu, Peterpan.

"Nih gue kasih bocoran dari organizer besar pada saat itu, dia sampai ngomong 'Lu gila Yan, harga lu lebih besar dari Peterpan' pada saat itu," ucap Ian Kasela.

"Gue jadi ngebuka marketing ginian," selorohnya.

[dem]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini