Hubungan Perubahan Iklim dengan Virus Covid-19, Bisa Bantu Penyebaran dan Mutasi

Jumat, 1 Januari 2021 15:37 Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Hubungan Perubahan Iklim dengan Virus Covid-19, Bisa Bantu Penyebaran dan Mutasi Ilustrasi virus corona. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Akhir 2019 hingga awal 2020, dunia dikejutkan dengan kehadiran virus baru. Ialah Novel Coronavirus, atau biasa disebut Corona. Wuhan, Cina menjadi tempat penemuan pertama virus ini. Dilansir dari laporan WHO 20 Januari 2020, pada 31 Desember 2019, WHO Cina melaporkan ada kasus mirip pneumonia yang belum diketahui penyebabnya.

Dua pekan setelah itu, tepatnya pada 11 dan 12 Januari, WHO Cina mengumumkan kasus tersebut bermula dari sebuah pasar hewan di Wuhan. Sejak pengumuman itu, virus baru ini diidentifikasi dalam tipe baru coronavirus. Sehari setelahnya, Thailand mengumumkan kasus Corona pertama di negara mereka, diikuti Jepang dan Korea Selatan.

Virus yang menyebabkan Covid-19 ini, terus menyebar ke berbagai belahan dunia. Hingga kini, Jumat (1/1/2021), WHO mencatat ada sekitar 83.4 juta kasus di seluruh dunia, dengan angka kematian 1.82 juta. Sedangkan di Indonesia, tercatat 735 ribuan kasus.

Dari sebuah pasar hewan, menyebar, dan terbaru, virus ini telah bermutasi. Bagaimana bisa terjadi?

Baca Selanjutnya: Perubahan Iklim Bantu Penyebaran Virus...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini