Fungsi Tulang Jari Kaki Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Sabtu, 1 Agustus 2020 15:01 Reporter : Jevi Nugraha
Fungsi Tulang Jari Kaki Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui Ilustrasi kaki. ©Shutterstock

Merdeka.com - Manusia memiliki anatomi tulang yang tersusun dari ujung kepala hingga ujung kaki. Hampir semua tulang tersebut memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Salah satu tulang yang berperan penting sebagai tumpuan berat badan ialah tulang kaki.

Struktur tulang pada jari kaki memang terlihat mirip dengan tangan. Namun, tulang jari kaki memiliki sifat yang lebih kuat dan sulit digerakkan. Meski kerap disepelekan, jari kaki berperan penting saat menjalani aktivitas sehari-hari, terutama membuat kita aktif bergerak dan lebih nyaman.

Dilansir dari Mayo Clinic, tulang jari kaki berjumlah 14 ruas dan mengandung tiga falang, yaitu depan distal (bagian depan), tengah, proximal (belakang). Sedangkan jempol hanya memiliki dua falang, yakni proximal dan distal. Tulang-tulang tersebut bekerja secara bersamaan saat kita berjalan.

Tulang jari kaki berperan sangat penting saat kita berdiri pada posisi statis, berjalan, dan melakukan aktivitas lainnya. Lantas, apa saja fungsi tulang jari kaki untuk kehidupan sehari-hari? Simak ulasannya yang merdeka.com rangkum dari laman Mayo Clinic berikut ini.

1 dari 3 halaman

Fungsi Tulang Jari Kaki

ilustrasi kaki kram

©medicalnewstoday.com

Hampir seluruh bagian tubuh manusia termasuk tulang jari kaki berperan penting saat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Manfaat ini akan kita rasakan ketika harus berdiri dalam posisi statis dengan satu kaki. Selain itu, tulang jari kaki juga memiliki fungsi lainnya, di antaranya sebagai berikut:

1. Menjaga Keseimbangan Saat Berjalan

Fungsi tulang jari kaki yang pertama ialah menjaga keseimbangan saat berjalan. Jari kaki memiliki mekanisme yang disebut mesin kerek, yakni saat mau melangkah bagian kaki lainnya akan menegang dan mengakibatkan kita mudah menggerakkan kaki. Jika mekanisme tersebut terganggu, biasanya akan timbul rasa nyeri dan tidak nyaman saat melangkah.

2. Sebagai Tumpuan Berat Badan

Fungsi tulang jari kaki berikutnya ialah sebagai tumpuan berat badan. Semua tulang jari memiliki peran yang sama, namun hampir 75 persen jari jempol yang menopang berat badan. Tak heran, jika banyak orang kesulitan berjalan saat ibu jari mengalami gangguan atau cedera.

3. Memberi Fleksibilitas

Tulang jari kaki juga berperan penting untuk memberikan fleksibilitas saat kita berjalan. Hal ini karena tulang jari kaki terdiri dari banyak ruas, sehingga memudahkan saat beradaptasi dengan permukaan tanah yang tidak rata. Tentunya hal ini berfungsi efektif untuk mencegah terjadinya cedera.

2 dari 3 halaman

Jenis Penyakit Tulang Jari Kaki

Ada beberapa jenis penyakit tulang jari kaki yang paling umum terjadi, di antaranya sebagai berikut:

Patah Jari Tulang Kaki

Patah jari tulang kaki merupakan kondisi yang terjadi apabila tibia mengalami patah menjadi beberapa bagian. Hal ini dapat dibedakan berdasarkan bentuknya, yaitu patah tulang terbuka dan tertutup.

Patah tulang terbuka adalah kondisi kulit betis terbuka dan robek. Sementara patah tulang tertutup merupakan kondisi dimana cedera tidak bisa dilihat dari luar, hal ini dikarenakan kulit yang melapisi tibia tidak terluka.

Hammertoe

Hammertoe merupakan kodnisi yang sering ditandai adanya deformitas sendi yang terletak di sekitar ibu jari. Saat sendi mengalami hammertoe, maka tulang menjadi kaku dan meningkatkan risiko mengalami cedera.

Oleh karena itu, kondisi ini harus segera ditangani, jika tidak hal ini dapat berakibat jari menekuk dan tidak akan kembali seperti semula.

3 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Jari Kaki

ilustrasi kaki kram

©medicalnewstoday.com

Tulang jari kaki merupakan jenis tulang yang memiliki rentan mengalami gangguan. Sehingga hal ini mudah terkena cedera yang sering menimbulkan rasa nyeri. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan tulang jari kaki diperlukan beberapa cara berikut ini:

  1. Rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kalsium
  2. Minum air putih secara teratur
  3. Menjalankan aktivitas olahraga secara rutin
  4. Sebelum melakukan olahraga selalu biasakan untuk pemanasan terlebih dahulu
  5. Mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan daging yang cukup
[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini