Fungsi Toner untuk Jerawat, Menenangkan hingga Meredakan Peradangan

Senin, 3 Oktober 2022 16:16 Reporter : Ayu Isti
Fungsi Toner untuk Jerawat, Menenangkan hingga Meredakan Peradangan Ilustrasi jerawat. ©iStock

Merdeka.com - Jerawat memang menjadi salah satu masalah kesehatan umum yang sering dialami oleh masyarakat. Baik pria maupun wanita bisa mengalami masalah kesehatan kulit ini. Namun wanita dinilai mempunyai faktor risiko yang lebih besar karena perubahan hormon yang terjadi setiap bulan menjelang menstruasi.

Meskipun sepele, kondisi wajah yang berjerawat ini bisa menjadi masalah yang mengganggu. Terutama pada kondisi jerawat yang meradang biasanya disertai dengan rasa nyeri yang tidak nyaman. Munculnya jerawat pada wajah juga sering kali mengganggu penampilan. Dengan begitu, penting bagi setiap orang untuk menjaga kebersihan wajah dan kulit dengan baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah jerawat adalah dengan menggunakan toner. Dalam hal ini, toner berfungsi membersihkan kulit wajah lebih dalam sehingga kotoran-kotoran pada permukaan kulit bisa terangkat dan tidak menyebabkan jerawat.

Selain itu, fungsi toner untuk jerawat juga dapat membantu menenangkan, meredakan peradangan, hingga menutrisi kulit. Terlebih lagi, kini semakin banyak produk toner yang dikembangkan khusus untuk merawat kulit berjerawat. Tentu ini bisa menjadi alternatif cara yang bisa dilakukan untuk membantu proses penyembuhan jerawat, selain dengan obat totol.

Dilansir dari Healthline, berikut kami merangkum berbagai fungsi toner untuk jerawat dan cara memilih toner yang tepat, perlu diketahui.

2 dari 4 halaman

Fungsi Toner untuk Jerawat: Membersihkan Kulit, Menyeimbangkan pH

  • Membersihkan Kulit

Fungsi toner untuk jerawat yang pertama adalah untuk membersihkan kulit lebih dalam. Seperti diketahui, jerawat muncul ketika pori-pori tersumbat oleh kotoran yang menempel dan menumpuk di permukaan kulit. Bersama dengan minyak, kotoran tersebut menyebabkan peradangan yang selanjutnya menjadi jerawat.

Dalam hal ini, penggunaan toner berfungsi untuk membersihkan kulit lebih bersih. Dengan metode double cleansing, Anda bisa mengangkat kotoran dan sisa-sisa make up yang menempel di kulit wajah lebih dalam dan menyeluruh. Saat kulit bersih, risiko pori-pori tersumbat oleh kotoran semakin kecil dan gangguan jerawat bisa diminimalisir.

  • Menyeimbangkan pH

Fungsi toner untuk jerawat berikutnya yaitu untuk menyeimbangkan pH kulit. Perlu diketahui, bahwa kulit secara alami bersifat asam, dengan tingkat pH sekitar 4,7, sementara sabun pencuci muka yang sering Anda gunakan adalah bahan pembersih yang bersifat basa. Dengan begitu, ketika membersihkan wajah dengan sabun cuci muka, pH kulit menjadi tidak seimbang.

Lebih lanjut, perubahan pH kulit ini dapat berpotensi menyebabkan kulit wajah yang kering, berminyak, hingga iritasi atau mengalami peradangan, salah satunya jerawat. Oleh karena itu, penting untuk memulihkan pH kulit dengan toner agar kondisi kulit tetap sehat.

3 dari 4 halaman

Fungsi Toner untuk Jerawat: Menenangkan Kulit, Menutrisi Kulit

  • Menenangkan Kulit

Fungsi toner untuk jerawat selanjutnya yaitu dapat menenangkan kulit. Seperti diketahui, kini banyak sekali produk toner yang dirancang khusus untuk perawatan kulit berjerawat. Produk-produk ini menggunakan berbagai bahan yang baik untuk menenangkan kulit meradang akibat jerawat.

Selain itu, toner ini juga dapat memberikan kelembapan yang baik sehingga kulit tetap sehat dan elastic. Kulit yang terhidrasi dengan baik, pada akhirnya akan mengurangi munculnya masalah jerawat. Dengan begitu, penggunaan toner bukan hanya untuk mengatasi jerawat tetapi juga merawat dan mencegah terjadinya jerawat.

  • Menutrisi Kulit

Fungsi toner untuk jerawat yang terakhir yaitu dapat menutrisi kulit. Toner tidak hanya memberikan pembersihan tambahan. Toner juga bekerja untuk memulihkan kulit dengan memberikan nutrisi-nutrisi penting. Tak heran, jika setelah menggunakan toner, kulit Anda akan terasa lebih lembap dan halus.

Bukan hanya itu, toner juga dapat mengatasi masalah kulit yang membandel seperti kemerahan akibat peradangan jerawat atau sengatan sinar matahari. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi melewatkan penggunaan toner dalam rangkaian skincare Anda.

4 dari 4 halaman

Cara Memilih Toner untuk Kulit Berjerawat

Setelah mengetahui beberapa fungsi toner untuk jerawat, terakhir akan dijelaskan bagaimana cara memilih toner yang baik untuk kulit berjerawat. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berjerawat, disarankan untuk memilih produk toner dengan formula lembut dan ringan.

Biasanya, setiap produk akan disertakan label pada kemasannya. Maka carilah produk toner yang berlabel ringan dan ditujukan untuk kulit berjerawat. Sebaiknya hindari produk toner yang berbahan dasar alkohol karena dapat meningkatkan risiko peradangan dan iritasi.

Anda bisa memilih toner dengan kandungan satu atau dua asam alfa hidroksi. Kandungan ini dapat mengangkat kulit mati dan mengurangi minyak yang dapat menyumbat pori-pori. Selain itu, Anda juga bisa memilih toner dengan kandungan asam glikolat yang ringan dan bebas alkohol.

Setelah memilih produk toner yang tepat, Anda bisa mengaplikasikannya dengan dua cara. Pertama, bisa menuangkan produk toner pada kapas kemudian usapkan pada permukaan kulit wajah dengan lembut.

Kedua, bisa dengan menuangkan langsung toner pada tangan kemudian oleskan pada wajah dan tepuk-tepuk secara lembut. Saat pengaplikasian, hindari area sensitif seperti mata karena dapat menyebabkan rasa perih.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini