Fungsi Matematika Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-Hari, Perlu Diketahui

Jumat, 17 Juni 2022 14:51 Reporter : Ayu Isti
Fungsi Matematika Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-Hari, Perlu Diketahui Ilustrasi ekonomi melambat. ©2021 Merdeka.com/rdk.fidkom.uinjkt.ac.id

Merdeka.com - Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya, ilmu ini sering digunakan sebagai pendekatan dan pedoman dalam melakukan kegiatan ekonomi. Seperti kegiatan transaksi jual beli, aktivitas utang dan piutang, hingga penentuan potongan harga untuk memberikan promo diskon.

Lebih dari itu, matematika ekonomi juga memberikan ilmu praktis pada kegiatan-kegiatan ekonomi makro. Mulai dari penghitungan tingkat inflasi, nilai kurs, hingga berkaitan dengan saham dan instrumen investasi lainnya. Tak heran, jika matematika masuk sebagai salah satu ilmu terapan yang dapat dipraktikkan dalam keseharian.

Sebagai ilmu dasar, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja fungsi matematika ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, ada pula tujuan dan kegunaan matematika ekonomi yang tak kalah penting untuk dipahami. Dengan mengetahui beberapa hal ini, tentu dapat membantu Anda dalam melakukan kegiatan ekonomi sehari-hari.

Selain itu, informasi ini juga memberikan pandangan yang lebih luas, bagaimana cara melihat peluang ekonomi yang ada. Terutama ketika Anda ingin menjalankan bisnis, bagaimana cara menentukan harga jual yang pas, bagaimana cara memberikan potongan harga. Atau bisa juga ketika Anda mempertimbangkan bunga untuk pengajuan pinjaman bank guna mendapatkan dana modal.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa fungsi matematika ekonomi dalam kehidupan sehari-hari dan informasi lainnya, perlu Anda simak.

2 dari 4 halaman

Fungsi Matematika Ekonomi

Sebelum membahas fungsi matematika ekonomi, perlu dipahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan matematika ekonomi. Matematika ekonomi adalah cabang ilmu yang digunakan untuk mempelajari analisis ekonomi. Dengan kata lain, ilmu ini membantu memecahkan berbagai permasalahan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari dengan pendekatan matematis yang jelas.

Ilmu ini juga berguna untuk memecahkan permasalahan ekonomi dalam lingkup yang lebih besar, seperti ekonomi bisnis, nilai kurs, saham, dan ekonomi makro lainnya. Sehingga, jika dirangkum, terdapat beberapa fungsi matematika ekonomi yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

Memberikan pemahaman tentang matematika sebagai alat bantu menganalisis model dan masalah ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Seperti penentuan harga jual, untung dan rugi, bunga pinjaman, pajak, dan lain sebagainya.

  • Membantu mengelola dan menilai rencana bisnis dan pembangunan, baik skala kecil, menengah, atau besar.
  • Menyusun alternatif sasaran bisnis untuk memudahkan proses perhitungannya.
  • Membantu menganalisis investasi bursa saham, atau dikenal dengan matematik pasar modal.
  • Menggambarkan permintaan dan penawaran suatu barang dan jasa, serta menentukan titik keseimbangan pasar.
3 dari 4 halaman

Tujuan dan Kegunaan Matematika Ekonomi dalam Bisnis

Setelah mengetahui beberapa fungsi matematika ekonomi secara umum, berikutnya akan dijelaskan mengenai tujuan dan kegunaan matematika ekonomi dalam bisnis.

Seperti disebutkan sebelumnya, ilmu matematika ekonomi akan berguna bagi setiap pelaku bisnis dalam menjalankan kegiatannya. Dalam dunia bisnis, terdapat beberapa tujuan dan kegunaan mempelajari ilmu matematika ekonomi, lebih lengkap dijelaskan sebagai berikut.

Tujuan matematika ekonomi bisnis:

  • Menggambarkan bentuk permintaan dan penawaran barang atau jasa dan menentukan titik keseimbangan pasar.
  • Menghitung besar pajak dari barang dan jasa yang harus dibayar.
  • Menggambarkan grafik permintaan dan penawaran serta titik keseimbangan pasar setelah kena beban pajak.
  • Menghitung besar subsidi yang ditetapkan untuk suatu barang da saja.
  • Menggambarkan grafik permintaan dan penawaran serta titik keseimbangan pasar setelah mendapatkan dana subsidi.
  • Menghitung besar utilitas yang berupa kepuasan dan manfaat yang diperoleh seseorang setelah mengonsumsi barang atau jasa.

Kegunaan matematika ekonomi bisnis:

  • Memberi pengetahuan konsep matematika yang dapat membantu memecahkan masalah dan menganalisis berbagai kegiatan ekonomi. Terutama berkaitan dengan upaya memaksimalkan keuntungan dan meminimalisasi kerugian.
  • Mudahkan dalam menghitung indikator dan prediksi ekonomi.
  • Membantu melihat peluang ekonomi yang dapat mendatangkan keuntungan.
4 dari 4 halaman

Matematika dalam Bursa Saham

Setelah memahami fungsi matematika ekonomi, serta tujuan dan kegunaannya dalam dunia bisnis, terakhir akan dijelaskan pengaruh matematika ekonomi dalam bursa saham.

Seperti diketahui, matematika memiliki peranan penting dalam dunia bursa saham. Dalam hal ini, matematika dibutuhkan untuk mengukur komposisi portofolio investasi sehingga bisa mendatangkan risiko kerugian sekecil mungkin dan return atau imbal balik yang tinggi.

Selain itu, berbagai hitungan matematika dan kalkulasi empiris juga sering digunakan untuk memahami dan menganalisis irasionalitas pasar modal serta mitigasi stabilitas saham. Dengan hitungan ini, Anda bisa melihat gambaran grafik perkembangan saham yang sedang terjadi serta menentukan upaya untuk menangani risiko turunnya saham.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini