Ekosistem Adalah Suatu Sistem Ekologi, Kenali Jenis dan Fungsinya

Senin, 31 Agustus 2020 21:00 Reporter : Jevi Nugraha
Ekosistem Adalah Suatu Sistem Ekologi, Kenali Jenis dan Fungsinya Ilustrasi hutan. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Aleksander Bolbot

Merdeka.com - Dalam kehidupan ini terdapat hubungan timbal balik antara manusia, tumbuhan, dan tempat tumbuhnya. Hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya ini membentuk suatu sistem ekologi yang disebut sebagai ekosistem.

Ekosistem adalah tatanan secara utuh menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. Kehidupan makhluk di bumi ini terdiri dari beberapa ekosistem. Di mana dalam ekosistem tersebut makhluk hidup saling mempertahankan diri dan berkaitan dengan yang lainnya.

Melansir dari Roma Decade, ekosistem merupakan sebutan untuk kesatuan antara alam beserta lingkungan dengan organisme yang hidup di dalamnya. Ekosistem akan membentuk suatu hubungan timbal balik untuk saling memberi pengaruh di antara keduanya.

Sehingga, setiap makhluk hidup tidak bisa lepas dengan lingkungannya, baik yang hidup (biotik) maupun tak hidup (abiotik). Adanya hubungan dan interaksi tersebut, jenis-jenis ekosistem akan selalu tumbuh berkembang, lalu menimbulkan perubahan bagi ekosistem itu sendiri.

Baca Selanjutnya: Mengenal Ekosistem Beserta Fungsinya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini