Doa Memohon Pertolongan dalam Berbagai Kondisi, Perlu Diketahui

Rabu, 25 Januari 2023 15:35 Reporter : Ayu Isti
Doa Memohon Pertolongan dalam Berbagai Kondisi, Perlu Diketahui ilustrasi berdoa. © pexels.com/Thirdman

Merdeka.com - Berdoa merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan sehari-hari oleh umat muslim. Umumnya kebiasaan berdoa dilakukan setiap hari saat menunaikan sholat fardhu. Selain itu, umat muslim juga dianjurkan untuk berdoa kapan saja dan di mana saja sebagai upaya untuk terus mengingat Allah.

Salah satunya, ketika Anda mengalami situasi sulit, mendesak, dan terancam suatu bahaya, tentu hal yang dibutuhkan adalah pertolongan Allah. Dalam hal ini, terdapat beberapa bacaan doa memohon pertolongan Allah yang bisa Anda amalkan. Mulai dari doa dalam kondisi darurat, doa pertolongan dari bahaya kebakaran, doa pertolongan dari berbagai bencana, hingga doa pertolongan dari jeratan utang.

Beberapa amalan doa ini sangat sederhana dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, berbagai bacaan doa ini dapat diamalkan ketika Anda sedang menghadapi kesulitan. Meskipun begitu, doa ini harus disertai dengan usaha sehingga Anda bisa dengan mudah keluar dari kondisi sulit yang sedang dihadapi.

Sesuai dengan ajaran Islam, Allah selalu merangkul setiap hambanya yang sedang kesusahan. Sesulit apapun masalah yang sedang Anda hadapi, namun dengan mendekatkan diri pada Allah, maka Anda akan dekat dengan segala kemudahan dan pertolongan dari-Nya.

Dilansir dari NU Online, berikut kami merangkum beberapa doa memohon pertolongan dalam berbagai kondisi, perlu diketahui.

2 dari 4 halaman

Doa Memohon Pertolongan: Doa saat Kondisi Darurat hingga Doa Kemudahan Perjalanan

Doa saat Kondisi Darurat

Doa memohon pertolongan yang pertama adalah doa saat kondisi darurat. Doa ini dapat dibaca saat Anda berada situasi sulit dan mendesak. Berikut lafal doa dan artinya:

Bismillâhirrahmânirrahîm walâ haula walâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Tidak ada kekuatan dan daya upaya kecuali dengan (pertolongan) Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Doa saat Tertimpa Musibah

Doa memohon pertolongan berikutnya adalah doa saat tertimpa musibah. Musibah tentu dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja, namun setiap musibah terdapat hikmah kebaikan di dalamnya. Berikut lafal doa yang bisa dibaca saat tertimpa musibah:

Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ.

Artinya: “Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.”

Doa Kemudahan Perjalanan

Doa memohon pertolongan selanjutnya adalah doa untuk kemudahan perjalanan. Saat menempuh perjalanan, berbagai risiko kecelakan dapat terjadi. Bahkan, sekalipun Anda sudah berhati-hati, namun musibah bisa datang dari kecerobohan pengendara lain. Berikut lafal doa kemudahan perjalanan yang bisa dipraktikkan:

Allāhumma bika asta‘īnu, wa ‘alaika atawakkalu. Allāhumma żallil lī ṣu‘ūbata amrī, wa sahhil ‘alayya masyaqqata safarī, warzuqnī minal khairi mim mā aṭlubu, waṣrif ‘annī kulla ṣyarr, rabbiṣraḥlī ṣadrī wa yassir lī amrī.

Artinya: “Ya Allah, kepada-Mu aku memohon pertolongan dan kepada-Mu aku berpasrah. Ya Allah, ringankan kesulitan pada urusanku, mudahkanlah kendala perjalananku, karuniakanlah kebaikan bagiku melebihi apa yang kuminta, palingkanlah segala keburukan dariku. Tuhanku, lapangkanlah hatiku dan mudahkanlah urusanku.”

3 dari 4 halaman

Doa Memohon Pertolongan: Doa Selamat dari Berbagai Bencana dan Doa Terhindar Wabah Penyakit

Doa Selamat dari Berbagai Bencana

Doa memohon pertolongan lainnya adalah doa selamat dari berbagai bencana. Doa ini dapat dibaca untuk memohon perlindungan dari berbagai bahaya bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Terlebih, letak geografis Indonesia yang rawan terhadap beberapa bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, hingga tsunami. Berikut bacaan doa memohon selamat dari berbagai bencana, bisa dipraktikkan:

Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni‘mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah. Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, Dzat Yang Maha Pengasih. Maha Suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

Doa Terhindar dari Wabah Penyakit

Berikutny adalah doa memohon pertolongan agar terhindar dari wabah penyakit. Ini termasuk doa penting yang perlu diketahui, di tengah pandemi dan kondisi kesehatan dunia yang masih mengancam. Berikut bacaan doa terhindar dari wabah yang bisa diamalkan:

Allāhumma innī a‘ūdzu bika minal barashi, wal junūni, wal judzāmi, wa sayyi’il asqāmi.

Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit buruk.”

4 dari 4 halaman

Doa Memohon Pertolongan: Doa Terlepas dari Utang dan Doa Selamat Dunia Akhirat

Doa Terlepas dari Utang

Doa memohon pertolongan selanjutnya untuk terlepas dari utang. Dengan doa ini, Anda bisa memohon perlindungan rasa bingung dan sedih karena masalah jeratan utang. Berikut lafal doa dan artinya, bisa dipraktikkan:

Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

Doa Selamat Dunia Akhirat

Doa memohon pertolongan yang terakhir adalah untuk memohon keselamatan dunia akhirat. Ini adalah doa sederhana yang dapat diamalkan sehari-hari setelah melaksanakan sholat. Berikut lafal doa dan artinya:

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa adzabannaari."

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kepada kami di dunia kebaikan dan di akhirat kebaikan. Serta perihalalah kami dari siksa neraka."

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini