Doa Berkendara sesuai Sunah, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Selasa, 10 Mei 2022 14:50 Reporter : Jevi Nugraha
Doa Berkendara sesuai Sunah, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya ilustrasi berdoa. © pexels.com/Timur Weber

Merdeka.com - Doa berkendara sesuai sunah perlu dibaca dan diamalkan umat muslim saat melakukan perjalanan. Doa berkendara ini bertujuan agar diberi rasa aman dan keselamatan saat berkendara. Untuk itu, setiap Muslim dianjurkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT ketika naik kendaraan.

Melansir dari NU Online, doa berkendara menjadi amalan terpuji yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini sebagai bentuk permohonan yang ditujukan kepada Allah SWT agar senantiasa diberi keselamatan dan perlindungan selama perjalanan.

Doa berkendara memiliki banyak sekali keutamaan jika dibaca umat muslim saat hendak bepergian menggunakan kendaraan. Berikut doa berkendara sesuai sunnah yang merdeka.com lansir dari NU Online:

2 dari 4 halaman

Adab Membaca Doa Berkendara

dengan bus

©2015 Merdeka.com

Sebelum mengetahui doa berkendara dan artinya, ada baiknya mengerti tentang adab berkendara. Hal ini perlu diketahui setiap muslim agar saat berkendara diberi rasa aman, nyaman, dan tenang. Ada sejumlah adab berkendara sesuai sunah, di antaranya:

1. Dianjurkan membaca doa berkendara dalam keadaan suci dan menghadap kiblat.

2. Membaca doa berkendara dengan penuh harapan dan rasa takut kepada Allah SWT dan tidak lupa untuk mengangkat kedua tangan.

3. Merendahkan diri dan tunduk di hadapan Allah SWT.

4. Memohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT.

5. Dianjurkan untuk senantiasa memohon ampun atas perbuatan buruk yang pernah dilakukan.

3 dari 4 halaman

Doa Berkendara dan Artinya

Doa berkendara dan artinya perlu diketahui setiap muslim yang ingin melakukan perjalanan, baik jarak dekat maupun jarak jauh. Dikutip dari NU Online, berikut doa berkendara dan artinya:

1. Membaca basmallah

2. Setelah itu, membaca doa berkendara seperti berikut:

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillahilladzi/subhanalladzi sakhara lana hadza wa ma kunna lahu muqeinina, wa inna ila rabbina lamunqalibuna.

Artinya: "Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal, kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami."

3. Alhamdulillah (3 kali)

4. Allahu akbar (3 kali)

5. Setelah itu, dilanjutkan dengan membaca doa seperti berikut:

سُبْحَانَكَ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya, "Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau."

4 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Doa Berkendara

ilustrasi berdoa
© pexels.com/RODNAE Productions

Ada banyak keutamaan doa berkendara sesuai sunah yang perlu diketahui setiap muslim. Dengan membaca doa berkendara, setiap muslim akan diberi rasa aman dan tenteram sepanjang perjalanan. Tak hanya itu, ada beberapa keutamaan membaca doa naik lainnya, antara lain:

Memberikan Rasa Aman dan Tenang

Salah satu keutamaan membaca doa berkendara sesuai sunah, yaitu menciptakan rasa aman dan nyaman. Mengawali membaca doa sebelum bepergian, akan membuat hati lebih tenang dan nyaman. Sebab, sebaik-baik penjaga saat melakukan perjalanan adalah penjagaan dari Allah SWT.

Selain itu, Allah SWT juga satu-satunya tempat berlindung dari segala bahaya yang mengancam. Untuk itu, hendaknya seorang Muslim senantiasa membaca doa naik kendaraan sebelum melakukan bepergian.

Terhindar dari Segala Gangguan dan Marabahaya

Doa berkendara juga memiliki keutamaan agar terhindar dari gangguan dan marabahaya. Untuk itu, untuk mendapatkan pertolongan-Nya, sudah seharusnya umat Muslim membaca doa terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan baik di darat maupun laut.

Tak hanya itu, dengan membaca doa naik kendaraan, perjalanan juga akan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Dengan begitu, semua akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Mendapatkan Pahala

Keutamaan doa berkendara lainnya, yaitu mendapatkan pahala. Dengan membaca doa naik kendaraan, seorang Muslim telah mengamalkan kebaikan dan senantiasa mengingat Allah SWT. Selain itu, doa juga mengandung pengharapan bagi yang membacanya, sehingga banyak orang yang membaca doa untuk dirinya sendiri maupun orang lain. [jen]

Baca juga:
Bacaan Doa Fitnah Dajjal Lengkap Beserta Latin dan Artinya
Doa saat Turun Hujan dalam Islam, Amalkan Bacaannya
Bacaan Doa Sujud Sajadah, Berikut Tata Caranya
Doa Perjalanan Darat dan Artinya, Berikan Perlindungan dan Keselamatan
Dzikir Harian Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW, Lengkap dengan Arab Latin

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini