Dikenal Pendiam, Siswa Asal Boyolali Ini Diterima di 7 Kampus Ternama Dunia

Rabu, 18 Mei 2022 09:15 Reporter : Shani Rasyid
Dikenal Pendiam, Siswa Asal Boyolali Ini Diterima di 7 Kampus Ternama Dunia Siswa asal Boyolali diterima di 7 kampus ternama dunia. ©YouTube/Liputan6 SCTV

Merdeka.com - Dalam hidup ini, pepatah air yang tenang itu menghanyutkan memang benar adanya dan bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pepatah ini cocok disematkan pada seorang siswa asal Boyolali, Jawa Tengah, bernama Ardian Hafidz Hanafi.

Selama ini, Ardian dikenal anak yang pendiam. Dia pun sebenarnya tidak begitu dikenal di lingkungan sekolahnya. Namun ia dikenal sebagai sosok kutu buku. Hari-harinya di sekolah lebih sering ia habiskan di perpustakaan.

Tapi siapa sangka, kebiasaannya membaca buku itu membuatnya diterima di tujuh kampus ternama dunia. Berikut kisah inspirasinya:

2 dari 4 halaman

Diterima di Tujuh Kampus Ternama Dunia

siswa asal boyolali diterima di 7 kampus ternama dunia

©YouTube/Liputan6 SCTV

Ardian adalah anak dari pasangan suami istri Mardiyono dan Yuni Puji Astuti. Ayahnya bekerja sebagai seorang tukang bangunan dan ibunya menekuni usaha laundry di rumahnya. Keduanya hanya lulusan SMA.

Sehingga tak ada yang menyangka kalau anak mereka berhasil masuk ke tujuh kampus ternama dunia, bahkan orang tuanya sekalipun.

Dilansir dari kanal YouTube Liputan6 SCTV pada Rabu (18/5), Ardian berhasil diterima di tujuh kampus ternama dunia seperti University of Toronto Kanada, University of British Columbia, The University of Western Australia, Wageningen University, University of Otago, Curtin University, dan Victoria University of Wellington.

3 dari 4 halaman

Pilihan Adrian

siswa asal boyolali diterima di 7 kampus ternama dunia
©YouTube/Liputan6 SCTV

Dari ketujuh universitas itu, Adrian menjatuhkan pilihan pada University of British Columbia, Kanada. Dia mengaku universitas itu merupakan pilihan pertamanya, baru dia kemudian mendaftar di enam universitas lain. Walaupun secara ranking lebih rendah dibanding University of Toronto, namun universitas pilihannya memiliki kualitas yang bagus terhadap bidang studi yang menjadi minatnya, yaitu bidang studi geologi.

“Saya memilih University of British Columbia soalnya reputasi mereka di bidang geologi itu paling baik dibandingkan kampus-kampus lain. meskipun secara kampus rankingnya lebih rendah dari University of Toronto tapi subjectnya paling tinggi,” kata Adrian.

4 dari 4 halaman

Perasaan Orang Tua

siswa asal boyolali diterima di 7 kampus ternama dunia
©YouTube/Liputan6 SCTV

Begitu tahu Adrian diterima di tujuh kampus ternama dunia, kedua orang tua Adrian begitu bangga dan lega. Apalagi seluruh biaya pendidikannya akan ditanggung Kemendikbud Ristek melalui program beasiswa Indonesia Maju.

“Sepertinya dia belajar sendiri, karena kami hanya lulusan SMA. Dan untuk keseharian dia sering di kamar, kesenangannya dia baca buku, kesehariannya buku terus yang dipegang, kalau saat jadwal keluar dia sukanya pergi ke perpustakaan,” ungkap Yuni, sang ibu dari Adrian.

Rutin Salat Dhuha dan Tahajud

ilustrasi salat
©Shutterstock

Selain rajin belajar dan membaca buku, Adrian rutin bangun sebelum subuh untuk menunaikan salat tahajud. Setelah salat tahajud, dia kemudian membaca buku sebagai pengisi waktu menunggu subuh. Selain buku pelajaran, dia juga membaca buku-buku lainnya seperti novel. Menjelang waktu ujian kelulusan, ia rutin menunaikan salat dhuha.

Terkait dengan kepintaran anaknya, Yuni mengaku tak pernah memaksakan anaknya untuk belajar karena dia memang lebih suka membaca buku ketimbang bermain. Bahkan saat teman-temannya mengajaknya bermain bola, Adrian lebih memilih untuk mengurung diri di kamar. [shr]

Baca juga:
Anies Baswedan Beri Kuliah Umum di Oxford: Usai Lulus Jangan Buru-Buru Pulang ke RI
Inovasi Model Jembatan Mahasiswa UMM Juara di Ajang Internasional
Mahasiswi Indonesia Juara Pertama Tahfiz Quran di Mesir
Remaja Ini Diterima di UNPAD di Usia 15 Tahun, Ternyata Begini Awalnya
Kisah Valencio Galen Lulus SMA 2 Tahun, Kini Diterima di Western Michigan University
Diterima 6 Universitas Dunia, Ini Rahasia Belajar Kamila Aisya Siswi Madrasah Jakarta

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini